Connect with us

Pendidikan

Bukan Sekadar Bacaan, Buku Mampu Pengaruhi Perilaku Sosial Anda

Diterbitkan

pada

Budaya membaca buku mampu mengubah perilaku Foto: net

Membaca buku tak hanya akan menambah pengetahuan. Penelitian yang dilakukan Kingston University di London, mengungkapkan bahwa mereka yang gemar membaca buku memiliki perilaku dan hati yang baik.

Studi ini melibatkan 123 partisipan yang diuji berdasarkan kemampuan interpersonal—termasuk toleransi pada perasaan orang lain—dan perilaku adaptif dalam menolong orang lain. Hasilnya? Mereka yang hobi membaca buku memiliki empati yang tinggi dan beretika lebih baik dibandingkan dengan mereka yang gemar menonton televisi.

Penelitian tersebut bahkan menguraikan bahwa orang-orang yang senang menghabiskan waktu  dengan menonton televisi, kurang bersahabat dan kurang mau memahami lingkungan sekitarnya. Demikian dilansir Nationalgerographic.com.

Namun, kesimpulan ini tidak berlaku bagi semua orang yang hobi membaca buku. Sebab, pilihan buku yang Anda baca juga memiliki peran dan pengaruh dalam membentuk karakter emosional.

Selain itu, penggemar buku fiksi memperlihatkan perilaku sosial yang lebih positif, dan penggemar buku novel romantis memiliki empati yang tinggi.

Selain berpengaruh terhadap perilaku sosial Anda, kebiasaan membaca buku juga memberikan Anda berbagai hal lain. Berikut ini adalah beberapa manfaat lain dari kegemaran membaca buku.

  1. Menambah wawasan

Dengan banyak membaca buku, Anda akan selalu mendapatkan berbagai hal baru yang mampu menambah wawasan. Persoalan kehidupan hingga bagaimana kehidupan berjalan di belahan dunia lainnya akan masuk ke dalam kepala Anda.

Dengan mengetahui banyak hal dan permasalahan, Anda akan siap dan terbiasa dengan perilaku mencari solusi atas permasalahan yang ada. Banyak inspirasi juga ditemukan dalam buku yang dibaca. Mengutip kata Francis Bacon, “Pengetahuan adalah kekuatan.”

  1. Berpikiran terbuka

Dengan wawasan yang bertambah, seorang yang gemar membaca buku akan lebih mudah berpikir terbuka. Mengapa? Karena dasar pertimbangan dalam berpikir akan didasari oleh informasi berbagai perspektif.

Seorang yang gemar membaca buku akan melihat sebuah masalah dari berbagai sisi, sehingga ia tidak akan mudah melakukan justifikasi.

  1. Mengembalikan suasana hati

Membaca buku akan membaca kita dalam “dunia lain” yang menyenangkan. Tentu buku yang dibaca adalah buku yang berisi hal baik, bukan buku mengenai kekerasan dan sejenisnya.

Dengan rasa yang menyenangkan ini, suasa hati akan perlahan-lahan menjadi baik dan melupakan peristiwa kurang menyenangkan yang dialami sebelumnya. Atau tekanan pekerjaan yang tengah mendatangi Anda.

  1. Meningkatkan kemampuan menulis

Layaknya seorang guru, buku menjadi contoh berbagai cara seseorang dalam bertutur. Tanpa kita sadari, kemampuan bercerita pun mengalami peningkatan, bahkan didukung dengan wawasan luas yang juga kita dapat dari membaca.(cel/ngo)

Reporter:cel/ngo
Editor:Cell

Bagikan berita ini!
  • 5
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    5
    Shares
Advertisement