Budidaya Sayur Hidroponik di Desa Kiram - Kanal Kalimantan
Connect with us

Advertorial

Budidaya Sayur Hidroponik di Desa Kiram

Diterbitkan

pada

Pelatihan budidaya sayur dengan sistem tanam hidroponik di Desa Kiram, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar. Foto : rendy

MARTAPURA, Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar menggelar pelatihan budidaya sayur dengan sistem tanam hidroponik. Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar ingin wujudkan Desa Kiram, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar menjadi kampung hidroponik.

Pelatihan diikuti Kelompok Wanita Tani (KWT) Sehati Desa Kiram tersebut merupakan program TP PKK Kabupaten Banjar yang diselenggarakan selama dua hari.

Menurut Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Hj Raudathul Wardiyah, tujuan kegiatan ini adalah untuk melatih anggota kelompok tani wanita menyediakan pangan yang sehat bagi keluarga. Pelatihan menggunakan dana desa dan didukung secara teknis oleh Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Banjar dan Penyuluh Pertanian Lapangan Wilayah Kerja Penyuluh Pertanian (PLL-WKPP) Desa Kiram.

“Saya berharap dengan adanya pelatihan hidroponik di Desa Kiram ini bisa berhasil seperti di desa Tungkaran, Kecamatan Martapura yang telah lebih dulu dikembangkan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas TPH Kabupaten Banjar H Muhammad Fahcry mengatakan, pelatihan ini tidak hanya dalam bentuk materi ceramah, namun juga praktik langsung bagaimana cara menanam sayur hidroponik dibimbing tenaga ahli dari Dinas TPH Banjar.

Menurut Fachry seiring dengan berkembangnya ilmu dan teknologi pertanian maka berkembang pula cara dan metode dalam bercocok tanam. Sehingga perlu disampaikan ke masyarakat agar cara dan metode tersebut bisa diadopsi dan dipraktekan langsung di pekarangan atau teras rumah.


“Masyarakat diharapkan bisa memanfaatkan lahan yang sempit di sekitar pekarangan rumah, sehingga selain mempunyai nilai ekonomis dan bisa dijadikan sebagai wahana untuk mempercantik pekarangan,” ujarnya.

Masih menurut Fachry dengan adanya kegiatan ini dia berharap warga dapat mengaplikasikan ilmu yang sudah diberikan, selain untuk konsumsi sendiri, juga diharapkan hasil sayuran hidroponik bisa menjadi pemasukan tambahan bagi perekonomian warga. (rendy)

Reporter : Rendy
Editor : Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan