Connect with us

Kab. HSU

BPOM HSU Kembali Gelar Operasi Pasar Ikan Amuntai dan Alabio

Diterbitkan

pada

BPOM HSU menggelar operasi pasar untuk mengetahui adanya bahan makanan berbahaya Foto: dew

AMUNTAI, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) HSU kembali peringatkan para pedagang ikan di kawasan Pasar Amuntai dan Alabio agar menghindari penjualan bahan makanan ber formalin dan zat berbahaya lainnya.

Hal tersebut dilakukan BPOM saat menggelar operasi pasar serta pengawasan terhadap bahan makanan, khususnya ikan yang mengandung zat berbahaya di kawasan Banua Enam, Rabu (6/2).

Kepala Kantor BPOM HSU Bambang Hery Purwanto mengungkapkan, operasi pasar ini merupakan kegiatan lanjutan dari November 2018 sebelumnya. Dimana pada saat itu terdapat temuan cumi kering dan teri medan di tiga HSU,Tabalong, dan Balangan yang mengandung formalin. “Formalin ini merupakan bahan yang berbahaya, sehingga harus dilakukan pengamanan dan pengawasan,” kata Hery.

“Lebih lanjut dikatakannya, operasi kali ini digelar untuk melakukan pemeriksaan kepada para pedagang ikan khususnya ikan kering. Jikalau ditemukan mengandung bahan berbahaya seperti formalin dan Rhodamin B (pewarna pakaian), maka akan dilakukan penyitaan, serta pemberian sanksi berupa tindakan persuasif kepada pedagang yang menjual,” tambahnya.

Adapun sampel yang didapat pada operasi pasar kali ini sebanyak 21 sampel yang terdiri dari beberapa sampel ikan baik ikan air laut dan air tawar serta beberapa sampel terasi.

Sementara hasilnya, seluruh sampel ikan yang telah diuji tidak mengandung bahan berbahaya formalin. Tetapi untuk terasi masih ditemukan beberapa yang mengandung bahan pewarna berbahaya (Rhodamin B) yaitu pewarna untuk tekstil yang biasanya digunakan untuk mewarna kain sasirangan yang sebenarnya tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi.

Usai melakukan pemeriksaan, BPOM akan memberikan surat peringatan kepada penjual, dan kepada penyuplai, agar si penjual memberikan peringatan kembali kepada pemasok yang berasal dari Tangkisung, Kabupaten Tanah Laut. (dew)

Bagikan berita ini!
  • 6
    Shares