Connect with us

HEADLINE

Bongkar! Jembatan Bangunan Gedung Menutupi Sungai dan Drainase  

Diterbitkan

pada

Pemko Banjarmasin membongkar bangunan yang menutupi aliran sungai. Foto: putra

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Mengatasi banjir di Kota Banjarmasin yang merendam permukiman penduduk hingga ke ruas-ruas jalan utama, Pemerintah Kota Banjarmasin mengambil langkah membongkar bangunan yang menghalangi aliran sungai dan drainase.

Hal itu berdasarkan berdasarkan surat edaran yang ditandatangani oleh Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina yang ditujukan kepada para pemilik bangunan gedung di kota Banjarmasin.

Surat edaran perintah pembongkaran itu, berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 14 tahun 2009 tentang bangunan panggung, Perda Nomor 15 tahun 2012 tentang izin mendirikan bangunan dan Perda Nomor 31 tahun 2012 tentang penetapan, pengaturan pemanfaatan sempadan sungai dan bekas sungai.

Pertanggal 26 Januari 2021, Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina memerintahkan kepada  seluruh pihak pemilik bangunan yang memiliki Jembatan Bangunan Gedung (JBG) untuk menyeberangi sungai, menuju bangunan gedung atau halaman yang menghalangi aliran sungai, agar segera membongkar secara sendiri.



 

Banjir besar menenggelamkan ruas jalan A Yani Kota Banjarmasin. Foto: putra

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina memberikan waktu kepada pemilik gedung dalam waktu 2×24 jam setelah surat edaran diterbitkan. Apabila dinilai menghalangi aliran sungai dalam upaya untuk mengatasi genangan akibat banjir belum dibongkar oleh pemilik, maka akan dilakukan pembongkaran oleh Pemerintah Kota Banjarmasin.

“Dengan tujuan untuk mengembalikan aliran sungai sehingga dapat berfungsi kembali sebagai badan air untuk mengatasi permasalahan genangan akibat banjir di Kota Banjarmasin,” kata Wali Kota Banjarmasin dalam surat edaran

Prioritas untuk awal pembongkaran jembatan gedung bangunan lainnya di kota Banjarmasin yang menghalangi aliran sungai adalah jembatan bangunan sepanjang jalan Ahmad Yani, jalan Pramuka dan jalan Veteran. (kanalkalimantan.com/putra)
Reporter: putra
Editor: bie


iklan

Disarankan Untuk Anda

<

Paling Banyak Dibaca

-->