Connect with us

Hukum

Besuk Asep Syarifudin, Dirjen PAS “Ini Adalah Ujian Bagi Insan Pemasyarakatan”

Diterbitkan

pada

Dirjen PAS Kemenkumham RI Sri Puguh Budi Utami saat mejenguk Kadivpas Kemenkumham Kalsel Asep Syarifudin di RS Suaka Insan Banjarmasin. Foto : kemenkumham kalsel

BANJARMASIN, Kejadian penyiraman air keras oleh orang tak dikenal yang menimpa Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kemenkumham Kalsel Asep Syarifudin langsung mendapat perhatian Direktur Jendral Pemasyarakatan (Dirjen PAS) Kemenkumham RI Sri Puguh Budi Utami.

Menggunakan penerbangan pertama dari Jakarta ke Banjarmasin, Dirjen PAS Sri Puguh Budi Utami didampingi Kabag P2L Ditjen PAS Itun Wardatul Hamro langsung menuju rumah sakit tempat Asep Syarifudin dirawat, Kamis (22/11) pagi.

Setibanya di Rumah Sakit Suaka Insan Banjarmasin, Dirjen PAS disambut langsung Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel Ferdinand Siagian beserta jajaran. Saat melihat kondisi Asep Syarifudin yang masih terbaring pasca menjalani operasi, Dirjen PAS menyampaikan keprihatinannya.

“Kejadian yang menimpa pak Kadiv (Asep Syarifudin) saat ini merupakan takdir yang tidak bisa dihindari, ini adalah ujian bagi kita semua insan pemasyarakatan, saya yakin pak Kadiv bisa sabar dan tetap kuat, saya dan teman-teman semua mendoakan kesembuhan bapak,” tuturnya.

Terkait perkembangan penanganan kasus yang menimpa Kadiv PAS Kemenkumham Kalsel, ia sepenuhnya menyerahkan kepada pihak kepolisian dan berharap pelaku bisa segera tertangkap.

Sementara itu, kunjungan Dirjen PAS dilanjutkan meninjau Lapas Perempuan Martapura dan pembangunan Lembaga Pembinaan Anak Kelas I Martapura, sertas Lapas Kelas III Banjarbaru.

Sebelumnya, Asep Syarifudin, menerima serangan siraman air keras dari pria tak dikenal Selasa (20/11) pukul 19.30 Wita di pelataran Cafe Capung, Jl S Parman, Banjarmasin. Polisi saat ini tengah mengusut kasus ini. Terkait kasus hukum atau motif lain?. Akibat penyiraman air keras tersebut, saat ini Asep masih menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Suaka Insan, Banjarmasin.

Asep tidak mengenal pelaku yang menyiramnya dengan air keras. Peristiwa kejadian sekitar 19.30 Wita, Asep usai makan malam di cafe tersebut menuju mobilnya yang di parkir di halaman Cafe Capung.

Pada saat itu, tiba-tiba dihampiri orang yang tidak dikenal. Korban mengira, orang tersebut merupakan juru parkir. Namun rupanya orang tidak dikenal tersebut menyiramkan air keras ke korban. Pelaku langsung melarikan diri setelah melakukan aksinya. Asep mengalami luka bakar akibat cairan keras itu di sebagian muka di bawah mata dan dada. Korban pun saat ini masih menjalani perawatan di RS Suaka Insan.

Hingga saat ini, Polres Banjarmasin belum memberikan keterangan resmi perihal kejadian tersebut. Sehingga belum diketahui motif maupun latar belakang pelaku melakukan aksi yang mirip kasus yang menimpa salah seorang penyidik KPK Novel Bawesdan itu. (mario)

Reporter:Mario
Editor:Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!