Connect with us

Pemkab Banjar

Berturut-turut dari 2012-2018, Kabupaten Banjar Tradisi Raih Piala Adipura!

Diterbitkan

pada

Bupati Banjar menerima piala Adipura dari Wapres Jusuf Kalla di Jakarta, Senin (14/1) Foto : istimewa

JAKARTA, Secara berturut-turut sejak tahun 2012 hingga 2018, Pemerintah Kabupaten Banjar kembali berhasil meraih penghargaan Adipura di bidang pengelolaan lingkungan dan kebersihan. Sesuai prediksi sebelumnya, Piala Adipura yang diserahkan langsung oleh Wakil Presiden HM Yusuf Kalla beserta Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar di Auditorium Dr. Soedjarwo, Manggala Wanabakti, Jakarta Pusat, Senin (14/1/), akhirnya kembali diraih Bupati Banjar KH Khalilurrahman.

Siti Nurbaya Bakar menyebutkan, pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan memberikan penghargaan Adipura untuk mendorong kota-kota di Indonesia menjadi kota bersih dan teduh.  Periode 2017-2018 ini anugerah Adipura diberikan kepada 369 kabupaten dan kota yang dinilai dari 512 kabupaten dan kota.

“Program Adipura merupakan salah satu instren pemerintah dalam mendorong implementasi kebijakan lingkungan dengan pendekatan wilayah, implementasi kebijakan persampahan dan implementasi kebijakan penghijauan, ” ujarnya.

Dikatakan,  salah satu kriteria penilaian anugerah Adipura adalah implementasi amanat UU nomor 18 Tahun 2008 tentang pengelolaan sampah,  pengurangan sampah 30 persen dan penanganan sampah 70 persen pada 2025 serta mendorong penerapan sistem pengelolaan sampah secara terpadu mulai dari hulu ke hilir.

Bupati Banjar H Khalilurrahman usai menerima anugerah Adipura 2018 menyatakan syukur atas penghargaan tersebut. Dia juga menyatakan bangga pada warga Kabupaten Banjar yang mendukung upaya pemerintah menjaga lingkungan. Menurutnya penghargaan Adipura yang diperoleh Kabupaten Banjar ini merupakan peran seluruh komponen,  baik pemerintah swasta maupun masyarakat.



“Alhamdulillah kita kembali memperoleh anugerah Adipura untuk ketujuh kalinya. Semua berkat upaya kita semua,” ujar bupati yang didampingi Ketua TP PKK Banjar Hj Raudathul Wardiyah,  Sekda Banjar H Nasrunsyah,  Kepala Dinas Lingkungan Hidup Boyke Tirstianto,  Kadis Kominfo,  Statistik dan Persandian HM Farid Soufian,  Kadis Kesehatan Ikhwansyah serta sejumlah kepala dinas lainnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Banjar Boyke Tristianto menyatakan,  kekompakan seluruh SKPD dan masyarakat dalam memelihara lingkungan berperan dalam keberhasilan memperoleh anugerah Adipura.

“Tidak hanya Dinas Lingkungan Hidup,  namun juga dinas lainnya,  termasuk kecanatan,  desa bahkan masyarakat turut andil dalam keberhasilan ini, ” ujarnya.

Perlu diketahui rencananya piala akan di arak-arak pada Kamis (17/1) depan, namun secara tekhnisnya masih akan dirapatkan di Aula Barakat Martapura pada Selasa (15/1) mendatang. Start mulai Stadion Demang Lehman dan finish di Alun-Alun Cahaya Bumi Selamat. (rendy)

Reporter : Rendy
Editor : Chell

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share