Connect with us

Kota Banjarbaru

Beroperasional 8 Bulan, Sumbatan di Saluran Air Los Pasar Bauntung Dibersihkan

Diterbitkan

pada

Pembersihan saluran drainase di los Pasar Bauntung Banjarbaru. Foto : Ibnu

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Untuk menciptakan pasar yang nyaman, bersih dan sehat Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pasar Bauntung Banjarbaru lakukan pembersihan los-los di dalam pasar.

Kepala UPT Pasar Bauntung, Adi Royyan Pratama mengatakan, gotong royong ini bertujuan untuk menambah kenyamanan para pedagang dan pengunjung untuk aktivitas jual beli.

“Ini merupakan bentuk perhatian kami, karena selama 8 bulan pasar beroperasi kurang mendapatkan perhatian,” katanya kepada kanalkalimantan.com, Rabu (12/1/2022).

Dalam melakukan pembersihan saluran drainase dalam los pasar, dikatakan Adi Royyan sehari bisa menghasilkan 5 unit Tossa angkutan sampah yang terkumpul.



 

Baca juga : Tiga Pemuda di Banjarbaru Dibekuk Miliki Sabu

“Dalam sehari kami gotong-royong pernah terkumpul 5 Tossa sampahnya,” ungkapnya.

Ditegaskan Adi Royyan setelah dibersihkan, drainase yang dulunya membuat genangan akhirnya lancar tanpa ada yang tersumbat.

Sebelumnya UPT Pasar Bauntung juga membersihkan beberapa los yang lantainya kotor sekarang terlihat bersih.

“Gotong-royong ini sebulan sekali, namun dengan adanya kegiatan ini para pedagang melihat dan bisa menjaga kebersihan di bilik atau lapaknya masing-masing,” jelasnya.

 

Baca juga : Jalan di Teluk Palingit Rusak Berlumpur, Satlantas Polres Kapuas Buka Tutup Arus Lalin

Terkait permasalahan sampah, diungkapkan Adi Royyan, pihaknya berencana untuk akan menggandeng pihak ketiga atau swasta untuk pengelolaan sampah.

“Jadi pengelolaan sampahnya dapat dikelola dengan bagus oleh pihak ketiga. Ada beberapa rekanan yang sudah bersedia,” ungkapnya.

UPT Pasar Bauntung juga bekerjasama dengan Fakultas Pertanian Jurusan Peternakan, Universitas Lambung Mangkurat untuk mengurangi lalat yang ada di Pasar Bauntung khususnya di los basah.

“Kerjasama ini dalam upaya menanggulangi masalah lalat,” akunya.

Adi Royyan menuturkan sudah terjalin komunikasi dengan Jurusan Peternakan, serta sudah melakukan survei ke lapangan bersama.

“Tinggal mengirimkan surat resmi dan akan ditindaklanjuti oleh pihak Fakultas Pertanian ULM,” tuntasnya.(kanalkalimantan.com/ibnu)

Reporter : ibnu
Editor : bie


iklan

Disarankan Untuk Anda

<<

Paling Banyak Dibaca

-->