Beras Merat Keramat Unjuk Kebolehan di Jambore PKK Kabupaten Banjar! - Kanal Kalimantan
Connect with us

LIPSUS PKK BANJAR

Beras Merat Keramat Unjuk Kebolehan di Jambore PKK Kabupaten Banjar!

Diterbitkan

pada

Beras merah keramat ikut dipamerkan dalam Kegiatan Jambore PKK Kabupaten Banjar. Foto: rendy

MARTAPURA, Sejumlah produk unggulan dari Industri Kecil Menengah (IKM) yang dikelola TP PKK dari 20 Kecamatan se Kabupaten Banjar ditampilkan di acara Jambore Kader PKK dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Kabupaten Banjar, Rabu (5/12). Salah satu yang menarik perhatian yaitu Beras Merah Keramat olahan TP PKK Desa Paramasan Bawah, Kecamatan Paramasan Kabupaten Banjar.

Ketua TP PKK Kecamatan Paramasan, Lilik Rahayu mengatakan dalam kegiatan ini pihaknya menyajikan sejumlah produk seperti minyak kemiri, madu kelulut, madu lebah, jahe tengteng dan yang paling diunggulkan Beras Merah Keramat. Ia juga mengatakan kesemua produk ini adalah yang bahan bakunya paling melimpah di Kecamatan Paramasan.

“Produk ini dihasilkan dari bahan bakunya yang paling melimpah di Kecamatan Paramasan, khususnya Beras Merah Keramat,” ungkapnya.

Produksi Beras Merah Keramat ini langsung dinaungi Dinas Kehutananan Provinsi Kalimantan Selatan. Usaha telah berjalan 2 tahun dan berhasil menunjukan potensinya yang dapat bersaing di pasar pasar modern.
Membanggakannya lagi, Beras Merah Keramat juga telah berhasil menembus pasar pasar di luar negeri seperti Timur Tengah, Thailand, dan Korea. Bagaimana tidak, dukungan penuh juga mengalair dari Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor dan Kepala Dinas Kehutanan Prov Kalsel Hanif Faisol Nurofiq yang turut membantu pemasarannya.

Lilik Rahayu menjelaskan untuk kebutuhan lokal, beras merah keramat belum dapa terpenuhi. Hal ini karena dalam 1 tahun kemarin pihaknya baru dalam tahap promosi. Ia mengatakan tahun 2019, kelompok sudah dapat memulai menanam.

“Tahun 2019 ini sudah mulai menanaman, mudahan semua yang ingin memesan akan terpenuhi karena sudah adanya MoU dari Dinas Dinas terkait. Saat ini kita terus galakan para kelompok tani untuk mau ikut bekerja sama menanam,” ujarnya.

Meski kegiatan ini menjadi kali pertama Beras Merah Keramat ditampilkan di kegiatan TP PKK Kabupaten Banjar, namun para ibu-ibu TP PKK dari Kecamatan Paramasan ini yakin dapat bersaing hingga ke tingkat Provinsi Kalsel.(rendy)

Bagikan berita ini!