Connect with us

Otomotif

Benelli Motobi 200 Evo, Seharga Rp 30,8 Juta

Diterbitkan

pada

Benelli Motobi 200 Evo Foto : net

PT Benelli Motor Indonesia, Agen Pemegang Merek Benelli di Indonesia, belum lama ini meluncurkan salah satu produk barunya Benelli Motobi 200 Evo yang memiliki model mirip Honda Rebel. Tampilannya macho namun dengan mesin yang lebih kecil dan irit yaitu berkapasitas 200cc dengan sistem pengabutan bahan bakar sudah injeksi.

“Harganya Rp 30,8 juta, tapi di GIIAS 2018 didiskon Rp 2 juta. Setelah GIIAS harga kembali normal,” kata CEO BMI, Stefan Kentjana Putra, Jumat 10 Agustus 2018.

Dia mengungkapkan mesin memang mengandalkan model lama yaitu masih berdesain OHV dengan pendinginan oli karena sesuai desainnya yang klasik. Menurut data, mesin motor ini menghasilkan torsi 13,9 Nm pada 6.000 rpm. “Motor ini bukan untuk kebut-kebutan. Tapi kalau naik tanjakan jagonya,” ujarnya.

Desain motor ini memberikan kenyamanan bagi konsumen. Kaki posisinya bisa selonjoran dan tangan menjangkau setang lebih santai ditambah lagi jok yang empuk. Tempo yang memiliki tinggi badan 160 sentimeter, kaki bisa menapak sempurna. Hanya saja, bagi pembonceng yang berbadan besar akan kesulitan karena joknya lebih pendek.



Instrumen speedometer sudah menggunakan model full digital dengan model mirip Honda Rebel dan Harley Davidson Iron. Pada tombol seinnya unik yang terpisah di panel kiri dan kanan.

Suspensi mengandalkan model teleskopik pada bagian depan dan suspensi ganda dengan tabung pada bagian belakang. Ban belakang telah menggunakan ukuran lebar yaitu 130/90-15 dan ban depan 90/90-17. Pengereman sudah mengikuti tren masa kini dengan dua cakram di depan dan belakang.

Stefan mengungkapkan saat ini Benelli akan fokus di segmen klasik dan cruiser karena belum banyak pemain yang menggarapnya. Benelli hanya bersaing dengan Kawasaki yang tahun lalu menelurkan W175. “Kami tak mau ngoyo menghadapi giant, kami lebih memilih buka segmen baru,” ujarnya.

Soal jaminan after sales, Stefan menjanjikan pelayanan kepada konsumen memadai. Hingga saat ini, Benelli memiliki 20 dealer yang tersebar di Jawa, Sumatera ada di Pekanbaru dan Papua ada di Merauke. “Kami targetkan tahun depan bertambah dua kali lipat,” ujarnya. (tmp/bie)

Reporter : Bie/tmp
Editor : Bie

Bagikan berita ini!
  • 6
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    6
    Shares

Otomotif

Hanya 350 Unit di Dunia, BMW Luncurkan M5 Edisi Terbatas!

Diterbitkan

pada

Diunggah oleh

BMW M5 edisi terbatas hanya dijual 350 unit di seluruh dunia. Foto: Dok. BMW

BMW Indonesia dan BMW Eurokars meluncurkan BMW M5 edisi 35 tahun dengan jumlah terbatas. BMW edisi spesial ini sangat istimewa karena hanya tersedia 350 unit di seluruh dunia.

Director of Communications BMW Indonesia, Jodie O’tania mengungkapkan, BMW M5 sendiri memiliki capaian yang sangat baik pada tahun 2019 dengan peningkatan penjualan hingga 32,2% dibandingkan tahun sebelumnya.

Selama enam generasi, dinamika berkendara BMW M5 terus membaik, namun sedan performa tinggi ini selalu tetap setia pada karakternya sendiri.

“Konsep mesin high-revving, teknologi suspensi distinktif yang selaras sempurna dengan tenaga mesin yang luar biasa, dan fitur desain spesifik M yang mengoptimalkan pemasukan udara dan kinerja aerodinamisnya, semua menjamin pengalaman berkendara optimal yang diwarnai kecepatan dan presisi – ciri khas BMW M5,” kata Jodie O’tania, dalam keterangannya.

Untuk urusan tenaga, BMW M5 diklaim memiliki mesin paling kuat dengan tenaga 625 hp dan torsi 725 Nm. BMW M5 ditenagai mesin 6 silinder in-line dari mobil sports mid-engine BMW M1, telah ada banyak varian model termasuk BMW M5 Competition.

“Mobil ini menggunakan mesin terkuat dari jajaran BMW M yang tersedia di Indonesia dan akan menjadi item kolektor paling eksklusif, mengingat model ini hanya tersedia dalam jumlah sangat terbatas,” ucap Siva Kumar Krishnan, General Manager BMW Eurokars.

Krishnan menambahkan, titik awal konfigurasi model Special Edition ini adalah BMW M5 Competition yang dikenal di arena balap. Itu berkat mesin V8 dengan Teknologi M TwinPower Turbo dengan sistem penggerak all-wheel-drive M xDrive dan Active M Differential di gardan belakang.

BMW M5 Competition dikenal memiliki ketangguhan dalam urusan traksi, stabilitas berkendara, dan handling yang dapat dikontrol secara presisi. Model ini mampu melesat dari posisi diam hingga 100 kmper jam hanya dalam 3,3 detik atau melewati tanda 200 km per jam dalam waktu 10,8 detik. BMW M5 edisi spesial ini juga dilengkapi dengan paket M Driver yang menawarkan kecepatan tertinggi 305km per jam.

BMW menawarkan mobil ini termasuk BMW Service Inclusive yang membebaskan semua biaya perawatan kendaraan pelanggan selama 5 tahun atau 60.000 km, dan garansi 36 bulan tanpa keterbatasan jarak tempuh. Ban kendaraan ini juga dilindungi oleh BMW Group Tire Coverage selama 3 tahun, yang mencakup 100 persen biaya penggantian hingga 4 ban selama periode garansi.

Sedan Sport milik BMW ini bisa dipesan lewat situs resmi BMW Eurokars dengan harga Rp 5.169 miliar (harga off the road). (suara.com)

Reporter : suara.com
Editor : kk

 

Bagikan berita ini!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Lanjutkan membaca

Otomotif

Pasang Stiker Reflektor Truk Tidak Boleh Sembarangan, Ini Aturannya

Diterbitkan

pada

Diunggah oleh

Truk tangki Pertamina. Untuk ilustrasi penggunaan stiker. Foto: Suara.com/Arief Hermawan P

KANALKALIMANTAN.COM – Para pengguna jalan mungkin sering melihat berbagai jenis modifikasi atau penempelan aksesoris pada mobil jenis truk. Paling sering menggunakan cutting sticker, bisa juga mengecat badan karoseri truk agar terlihat lebih menarik.  Namun, ada aturan soal stiker yang wajib dimiliki oleh truk. Yaitu reflector sticker atau stiker berkemampuan memantulkan cahaya.

Dalam rangka menekan tingginya angka kecelakaan di jalan raya, Kementerian Perhubungan kini mewajibkan truk untuk memasang stiker reflektor. Stiker reflektor berguna sebagai pemantul cahaya di badan truk.

Kebijakan ini tertuang dalam Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat No.SK 5311/AJ.410/DRJD/2018 tentang Pedoman Teknis Alat Pemantul Cahaya Tambahan pada Kendaraan Bemotor, Kereta Gandengan dan Kereta Tempelan.

Di peraturan ini, stiker reflektor atau pemantul cahaya harus terpasang pada kendaraan yang memiliki Jumlah Berat Bruto (JBB) lebih dari 7.500 kg. Sementara itu, warna dan ukuran stiker reflector yang digunakan harus didasarkan oleh ketentuan sebagai berikut :

1.Merah. Warna merah digunakan di bagian belakang kendaraan. Ketentuannya, stiker setidaknya memiliki lebar 600 mm dan tinggi 50 mm. Warna merah digunakan sebagai simbol jaga jarak bagi kendaraan yang ada di belakang.

2.Kuning. Warna kuning ditempel pada bagian samping mobil bus dan mobil barang. Ketentuan ukuran stiker reflektor warna kuning yakni dengan lebar 600 mm dengan tinggi 50 mm.

3.Putih. Warna putih ditempel pada bagian depan kereta gandengan dan kereta tempelan. Ketentuan ukuran stiker ini yakni 600 mm pada bagian lebarnya dan 50 mm untuk ketinggiannya.

Selain mengetahui ketentuan ukuran stiker reflektor, pemilik atau pengendara juga perlu mengetahui posisi penempelan stiker reflektor itu.

Berikut penjelasan penempatan stiker reflektor berdasarkan jenis kendaraannya :

1.Bus Sedang. Pada bus berdimensi sedang, stiker reflektortor warna merah diletakkan di bagian belakang dekat kaca belakang. Jarak antara kaca dan stiker reflektor tidak melebihi 400 mm dan dibuat menjadi tiga bagian putus-putus dengan masing-masing panjangnya 600 mm. Sementara itu, stiker reflektor kuning ditempatkan pada bagian samping body di antara kaca dan ban.

2.Mobil Barang dengan sumbu belakang ganda atau lebih, seperti mobil dump truck, stiker reflektor merah ditempel pada bagian belakang karoseri dengan bentuk yang mengotak mengelilingi karoseri. Stiker reflektor kuning ditempatkan pada bagian samping bak truk dengan bentuk mengelilingi karoseri seperti pada bagian belakang.

Sementara itu, untuk ukuran stiker dan ketentuan lokasi secara detail adalah di bawah ini:

Mobil Boks. Stiker reflektor merah ditempel pada bagian belakang boks dengan bentuk yang mengotak mengelilingi boks. Stiker reflektor kuning ditempatkan pada bagian samping boks truk dengan bentuk mengelilingi boks seperti pada bagian belakang.

Mobil Mixer. Stiker reflektor merah ditempel pada bagian belakang mixer tepatnya pada bagian bawah di sebelah kanan dan kiri. Stiker reflektor kuning ditempatkan pada bagian bawah samping truk mulai dari kepala truk sampai dengan tabung mixer truk.

Mobil Tangki. Stiker reflektor merah ditempel pada bagian belakang tangki dengan bentuk yang mengikuti tangki itu. Stiker reflektor kuning ditempatkan pada bagian samping tangki dan di tempel pada bagian bawah tangka dari depan ke belakang.

Mobil Penarik. Pada mobil truk penarik ketentuan stiker reflektor yang wajib ditempel berbeda lagi. Stiker reflektor merah ditempel pada area belakang kepala truk tepatnya di sudut kanan dan kiri atas truk. Stiker warna sama juga ditempel pada bagian kanan dan kiri dekat ban paling belakang. Sementara itu, stiker reflektor kuning ditempel memanjang di bagian samping mulai dari bagian kepala truk sampai ke bagian belakang.

Kereta Gandengan. Bagian gandengan juga membutuhkan stiker reflektor, warna merah ditempelkan pada bagian paling belakang gandengan dengan bentuk mengotak mengikuti karoseri truk. Sementara itu, sticker reflector kuning juga ditempatkan di bagian samping gandengan dengan bentuk mengotak.

Kereta Tempelan. Bagian kereta tempelan juga tidak luput dari penggunaan stiker reflektor. Warna kuning digunakan pada bagian samping secara putus-putus dari depan ke belakang.

Nah, penggunaan stiker reflektor sangat berguna untuk menjaga keamanan pengemudi truk selama perjalanan. Dengan menempelkan stiker reflektor, diharapkan angka kecelakaan akan menurun mengingat kewaspadaan pengemudi akan meningkat dengan hadirnya stiker jenis ini. (suara.com)

Reporter : suara.com
Editor : kk

 

Bagikan berita ini!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Lanjutkan membaca

Otomotif

Membidik Kaum Milenial, Toyota New Agya Launching Ditengah Corona

Diterbitkan

pada

Diunggah oleh

Toyota New Agya diluncurkan di showroom Wira Toyota Banjarmasin, Sabtu (21/3/2020). Foto : fikri

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Guna memenuhi permintaan masyarakat terutama kaum milenial akan mobil yang sporty, Wira Toyota Cabang Banjarmasin meluncurkan produk terbaru yaitu Toyota New Agya. Peluncuran berlangsung di Showroom Dealer Wira Toyota Banjarmasin, Jalan Achmad Yani Km 10, Kertak Hanyar, Sabtu (21/3/2020) pagi.

Menurut Kepala Cabang Wira Toyota Banjarmasin, Stephanus Tjuatjadinata, New Agya memiliki penampilan sangat sporty dan stylish, sesuai dengan kebutuhan kaum milenial. Dengan mengusung beberapa fitur modern yang cukup nyaman, seperti start up engine yang menggunakan tombol, dan audio dual zone.

Kepala Cabang Wira Toyota Banjarmasin, Stephanus Tjuatjadinata

Berapa target penjualan Toyota New Agya di Wira Toyota? “Khusus New Agya tadi, kita targetkan penjualan di Wira Toyota Group sekitar angka 50 hingga 70 unit per bulan,” kata Stephanus.

Dari sekitar 2.000 unit produk Toyota yang dijual di dealer Toyota terbesar di Kalsel ini, Stephanus mengatakan, untuk varian Agya berkontribusi sebanyak 500 unit. Sehingga, ia berharap dengan penjualan produk baru New Agya ini, penjualan bisa didongkrak sebanyak 20 hingga 25 persen.

Namun, Stephanus mengakui, tantangan terbesar yang dihadapi saat ini yaitu kondisi perekonomian baik nasional maupun Kalsel yang tengah lesu. Ditambah isu virus Corona atau Covid-19 baru-baru ini. Secara market, untuk kendaraan roda empat terjadi penurunan yang cukup signifikan. Tahun 2019 lalu saja, market yang mengalami penurunan sekitar 20 persen lebih.

“Hampir semua merk semua turun. Itu tidak lepas dari kondisi yaitu Kalsel yang ditopang dari sektor batubara, kelapa sawit dan karet yang masih belum bagus,” kata Stephanus.

Lalu, mengapa Toyota memilih meluncurkan produk baru di tengah kondisi seperti ini? “Kita memenuhi kebutuhan konsumen, di mana tren konsumen di Indonesia maupun Kalsel sendiri, lebih suka produk yang baru, dengan tampilan lebih sporty, serta fitur yang lengkap,” jelas Stephanus.

Namun demikian, Wira Toyota tetap optimis penjualan New Agya mendapat tempat di pasar penjualan mobil di Kalsel. Karena di Kota Banjarmasin saja, untuk varian Agya mampu terjual sebanyak 500 unit di tahun 2019. “Kita pun punya target jadi harapannya di tahun ini dengan diluncurkannya produk New Agya, itu bisa raih penjualan sebesar 20 hingga 25 persen,” jelasnya.

Soal sparet part New Agya, Stephanus mengatakan ada commonality dengan varian Agya sebelumnya. Hanya pada bagian eksterior saja yang mengalami perbedaan. “Untuk spare part tidak perlu khawatir, bahwasanya Toyota menjamin ketersediaan spare part. Karena pada dasarnya, begitu kita merilis produk baru, Toyota selalu support untuk spare part-nya pada New Agya,” lugasnya. (kanalkalimantan.com/fikri)

 

Reporter : Fikri
Editor : Bie

 

Bagikan berita ini!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Lanjutkan membaca

Paling Banyak Dibaca

-->