Connect with us

Kalimantan Selatan

Bendungan Kusan Upaya Kurangi Banjir di Tanbu


Terendam Banjir, 480 Hektare Pertanian Gagal Panen di Satui


Diterbitkan

pada

Bupati Tanbu HM Zairullah Azhar. Foto: mckominfo Tanbu

KANALKALIMANTAN.COM, BATULICIN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Bumbu (Tanbu) harapkan dukungan pemerintah pusat mengatasi banjir yang kerap terjadi di wilayah tersebut.

Bupati Tanah Bumbu, HM Zairullah Azhar, Minggu (16/5/2021) saat meninjau lokasi banjir di Kecamatan Satui mengatakan, agar banjir ini tidak terulang lagi setiap tahun, pemerintah daerah berupaya mengusulkan ke pemerintah pusat agar disetujui pembangunan bendungan Kusan yang ada di Kecamatan Kusan Hulu, sehingga bendungan ini menjadi tempat penampungan air dan juga menjadi pusat irigasi bagi sektor pertanian.

Untuk pembangunan bendungan Kusan ini, setidaknya ada sebanyak 6 desa yang akan direlokasi.

Baca juga : Soroti Banjir Satui, Walhi Kalsel: Kenapa Air dan Hujan Disalahkan, Kalsel Lagi ‘Sakit’!



Dengan adanya bendungan Kusan, sambung Zairullah, tentunya tidak hanya menjadi pusat irigasi saja, namun juga diharapkan mampu meningkatkan perekonomian warga baik itu di sektor pertanian, perikanan, dan lainnya.

Keberadaan bendungan Kusan tersebut juga bisa dimanfatkan untuk pembangkit listrik tenaga air.

Diharapkan dengan terbangunnya bendungan Kusan tersebut tentunya dapat mengatasi banjir yang sering terjadi setiap tahun di kabupaten dengan slogan Serambi Madinah itu.

Sementara itu, terkait penanganan banjir di Satui, Bupati Tanbu, HM Zairullah Azhar mengatakan saat ini debit air sudah mulai menurun. Untuk logistik yang disiapkan mampu memenuhi kebutuhan satu minggu ke depan.

Baca juga : Polda Kalsel Apresiasi Lebaran yang Berlangsung Kondusif tanpa Pelanggaran Prokes

Pada saat meninjau lokasi banjir, Bupati juga mengadakan rapat dengan pihak terkait untuk mengatasi dampak-dampak yang diakibatkan banjir, termasuk dampak terhadap lahan pertanian warga sekitar 480 hektare yang siap panen gagal, serta membahas rencana relokasi rumah warga.

Turut serta bersama Bupati saat meninjau lokasi banjir Wabup H Muhammad Rusli, Anggota DPRD Tanbu Dapil Satui, Pj Sekda H Ambo Sakka, BNPB Pusat, Kalak BPBD Tanbu Eryanto Rais, Kepala Bappeda Tanbu Adrianto Wicaksono, Kepala Disdikbud Tanbu Eka Sapruddin, Kepala Dinas Kesehatan Tanbu Setia Budi, Kepala Dinas Sosial Tanbu Basuni, Kepala Diskominfo Tanbu Ardiansyah, Plt Kadisdukcapil Tanbu Gento Hariyadi, Camat Satui Abdul Rahim, Kepala Desa, dan lainnya. (kanalkalimantan.com/mctanbu/rel)

 

Reporter : mctanbu/rel
Editor : Kk

 

 


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->