Connect with us

ADV DPRD BANJARBARU

Belasan Pohon Besar di Jalan A Yani Ditebang, DPRD Banjarbaru Soroti Tindak Lanjutnya

Diterbitkan

pada

Penebangan pohon untuk antisipasi tumbang saat musim hujan Foto: ist

BANJARBARU, Peristiwa pohon tumbang tentu menjadi rentan terjadi saat memasuki musim penghujan. Sebab angin yang kencang bisa saja mengancam masyarakat yang tidak sadar menyadari sedang berlalu lalang. Parahnya lagi, jika ada bangunan yang tertimpa.

Seperti halnya, di kota Banjarbaru yang memiliki banyak pohon besar yang bertengger di area pinggir jalan. Potensi terjadinya pohon tumbang di kota Banjarbaru tentu cukuo besar, mengingat pohon besar ini juga telah berumur tua.

Antisipasi pun telah dilakukan sejak awal oleh Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperkim) Kota Banjarbaru. Sejumlah pohon jenis Palm Jaya yang berlokasi di depan areal Kantor Dishut Kalsel maupun ULM Banjarbaru telah ditebang.

Kepala Bidang (Kabid) Pertamanan Pemakaman dan Penerangan Jalan Umum (P3JU) Disperkim Kota Banjarbaru, Jainah Muchran mengatakan pihaknya akan melakukan pemotongan terhadap 18 pohon Palm Jaya di jalan A Yani karena kondisinya rawan membahayakan.

“Dari 18 batang, kita baru berhasil memotong 7 batang pohon. Kita tidak ingin terburu-buru, karena harus memerhatikan aspek keselamatan & kenyamanan pengguna jalan,” katanya

Diakui Jainah, pekerjaan pemotongan pohon hanya pada malam hari. Dalam satu malam, Disperkim menargetkan ada dua batang pohon yang ditebang, termasuk proses mengangkut pohon yang dipotong tersebut.

“Karena pohon yang besar dan tinggi, maka petugas di lapangan harus memangkas daun-daunnya terlebih dahulu baru lanjut ke batangnya. Intinya kita harus ekstra hati-hati,” tandasnya.

Disperkim menargetkan rampungnya proses penebangan pohon di Jalan A Yani, tidak sampai berganti tahun. Pasalnya, tindak lanjut dari pemotongan pohon harus secepatnya dilakukan.

“Tentu kita ganti, kita juga berkoordinasi dengan SKPD terkait soal pemilihan pohon pengganti inim Rencananya akan menggunakan pohon Tanjungm Tapi seperti saya katakan tadi, titiknya mungkin tidak sama dengan sebelumnya, tapi tetap di sepanjang Jalan A Yani,” ungkapnya.

Kondisi nantinya pasca penebangan pohon yang menghiasi wajah kota Banjarbaru ini, juga menjadi sorotan DPRD Banjarbaru. Salah satu yang angkat bicara yakni, Ketua Komisi III DPRD Banjarbaru, Takyin Baskoro, yang menyarankan agar penggantinya bisa berfungsi sebagai peneduh.

“Aspirasi dan saran sudah kita sampaikan ke Disperkim soal penebangan pohon ini termasuk tindak lanjutnya. Saya setuju saja ditebang karena aspek keamanan nyawa orang, tapi yang digaris bawahi adalah bagaimana tindak lanjutnya,” katanya.

Selain hanya diganti, Baskoro berharap bahwa penggantian bisa dilakukan dengan kuantiti yang lebih banyak dari sebelumnya. “Yang terpenting juga harus ditata rapi agar secara estetikanya juga bagus,” pungkasnya. (Rico)

Reporter : Rico
Editor : Chell

 

Bagikan berita ini!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
-->