Connect with us

Kanal

Barsel Tuan Rumah Festival Seni Budaya Se-Kalteng

Diterbitkan

pada

Kepala Disporaparbud Manat Simanjuntak. Foto : digdo

BUNTOK, Kabupaten Barito Selatan (Barsel) dalam waktu dekat bakal meriah dengan ajang kesenian. Kabupaten berjuluk Bumi Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini menjadi tuan rumah pelaksanaan festival seni dan budaya jenjang SLTA, SMA  dan SMK tingkat Provinsi Kalteng.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Barsel, Manat Simanjuntak mengatakan, dalam festival seni dan budaya tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 24-28 Juli mendatang dan pelaksanaannya dipusatkan di GPU Jaro Pirarahan Buntok.

“Kami telah melakukan paparan di hadapan Bupati Barsel terkait event tingkat provinsi ini. Bahkan rapat koordinasi dengan panitia di provinsipun sudah dilaksanakan minggu lalu,” ungkap Manat kepada Kanalkaliamantan.com, di kantornya Selasa (9/7).

Ia juga mengatakan, pada festival nanti akan ada enam kategori lomba yang dipertandingkan yakni lomba tari pedalaman, tari pesisir, mandare amak purun, legenda, ornamen dan vokal grup. Di mana Barsel selaku tuan rumah akan mengikuti keseluruhan dari cabang  yang diperlombakan tersebut. “Kita sebagai tuan rumah pasti akan turun di semua cabang lomba tersebut,” ucap Manat.



Lebih lanjut olehnya bahwa di saat pembukaan kegiatan nanti juga akan ada penyerahan duplikat piagam pengakuan warisan budaya tari Wadian Dadas milik Barsel. Yang mana tarian ini telah mendapat pengakuan dari tingkat nasional.

Ia menambahkan melalui festival ini pula dirinya berharap, kebudayaan Barsel dapat muncul kepermukaan dan menjadikannya warisan bagi generasi penerus. “Sebab kita yakin peserta didik jenjang SLTA sederajat ini akan memegang tongkat estafet di Festival Budaya Isen Mulang beberapa tahun ke depan,” tandas Manat.(digdo)

Reporter :Digdo
Editor :Chell


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->