Connect with us

Kota Banjarmasin

Banjarmasin Jadi yang Pertama Uji Coba MyPertamina, Begini Cara Daftarnya

Diterbitkan

pada

Masyarakat bisa mendaftar MyPertamina di SPBU. Foto: ist

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN– Kota Banjarmasin terpilih kota pertama yang melakukan uji coba penerapan penggunaan aplikasi Mypertamina dalam setiap pembelian bahan bakar jenis Pertalite dan Solar di SPBU, mulai 1 Juli 2022. Hal ini dijelaskan Area Manager Communication dan CSR Regional Kalimantan, Susanto Satria, Rabu (29/6/2022).

“Banjarmasin menjadi kota pertama untuk melakukan uji coba yang dilakukan di 18 SPBU,” katanya.

Pada uji coba pertama ini akan terus dimonitoring dan evaluasi pada bulan Juli juga. Karena untuk pencocokan data terhitung memerlukan waktu selama 7 hari kerja. Selain itu, untuk
membantu masyarakat yang masih kurang mengerti pihaknya berencana akan membuka klinik helpdesk di 18 SPBU yang ditunjuk.

“Masyarakat yang ingin bertanya terkait pendaftaran bisa langsung menuju ke klinik helpdesk yang ada di SPBU di Kota Banjarmasin. Kami siapkan juga Posko Utama helpdesk di SPBU 6470108 Belitung jika masyarakat mengalami kesulitan atau kendala saat pendaftaran,” terangnya.



 

Baca juga  : 11 Daerah Wajib Daftar MyPertamina buat Beli Pertalite dan Solar, Termasuk Banjarmasin!

Selama Uji coba tahap pertama, dimulai dengan melakukan pendaftaran kendaraan melalui website https://subsiditepat.mypertamina.id untuk kendaraan roda 4 atau lebih yang merasa berhak mendapatkan BBM bersubsidi baik itu pertalite maupun solar.

“Jadi ada foto STNK dan mobilnya bahwa sudah terdaftar kemudian data itu di cocokan kembali oleh tim pertamina. Setelah cocok akan mendapatkan QR code yang berbeda setiap motor,” ujarnya.

“Nanti QR code itu lah yang dibawa pengendara ke SPBU jika sudah menjadi pengguna terdaftar,” sambungnya.

Ketika sudah terdaftar, pengguna akan memiliki banyak opsi untuk pembayaran, mulai dari pembayaran tunai (uang cash), kartu kredit atau debit, ataupun pilihan non tunai lainnya dengan pembayaran yang tidak terbatas hanya menggunakan MyPertamina.

Baca juga  : Pertama di Kalsel, HSU Gelar Pemilihan Duta GenRe Tingkat Kecamatan

“Jadi uji coba pertama itu fokusnya ke roda 4 dan lebih,” terangnya.

Berikut tata cara pendaftaran MyPertamina :

1. Siapkan dokumen yang dibutuhkan (KTP, STNK, foto kendaraan, dan dokumen lainnya)
2. Buka website https://subsiditepat.mypertamina.id/
3. Klik daftar sekarang
4. Ikuti instruksi dalam website
5. Tunggu verifikasi selama 7 hari kerja di alamat email yang telah didaftarkan atau cek status pendaftaran di website secara berkala
6. Apabila sudah terverifikasi, unduh atau download kode QR dari website dan simpan untuk bertransaksi di SPBU Pertamina
Informasi lebih lanjut mengenai mekanisme penyaluran Pertalite dan Solar subsidi menggunakan sistem MyPertamina, masyarakat dapat menghubungi Pertamina Call Center (PCC) 135 serta sosial media resmi @ptpertaminapatraniaga dan @mypertamina.

Menurut Susanto, masyarakat tidak perlu khawatir apabila tidak memiliki aplikasi MyPertamina, karena pendaftaran dilakukan semua di website MyPertamina.

“Kita harapkan masyarakat untuk mencoba dulu karena hal itu cukup mudah,” imbuhnya.
Sementara itu, pihaknya juga mengaku sudah menyiapkan para petugas di 18 SPBU Kota Banjarmasin dengan memberikan pembekalan mengenai cara pendaftaran dan proses transaksinya.

Baca juga  : Dealer Mitsubishi Fuso di Basirih Target Penjualan 25 Unit Perbulan

Lebih lanjut, terkait adanya larangan menggunakan handphone di area SPBU, ia menjelaskan bahwa akan diperbolehkan dengan jarak minimal 1,5 meter dari dispenser dan sesuai peruntukkan.

“Menunjukan QR code ke petugas SPBU diperbolehkan dengan jarak aman 1,5 meter, itu pasti aman. Tapi untuk penggunaan handphone dengan tujuan menelepon di area dispenser dilarang,” katanya. (Kanalkalimantan.com/kk)

Reporter : kk
Editor : cell


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->