Connect with us

Bisnis

Bagi Pengalaman dengan Pengusaha Muda, Mardani: Jangan Ragu Contoh Pengusaha Sukses

Diterbitkan

pada

Sharing ilmu bisnis oleh Ketua HIPMI Mardani H Maming Foto: fikri

BANJARMASIN, Menjadi Ketua BPP HIPMI bukan berarti membuat Mardani H. Maming seperti pepatah, kacang lupa kulitnya. Pengusaha sukses yang pernah menjabat Bupati Tanah Bumbu dua periode ini pun berbagi ilmu dan pengalaman di bidang kewirausahaan kepada pelaku usaha se Kalimantan Selatan.

HIPMI sendiri, merupakan wadah untuk pengkaderan calon-calon pengusaha muda. Mardani mengatakan, salah satu upaya pengkaderan yaitu dengan menggelar kunjungan ke kampus-kampus. Mulai dari Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Unversitas Brawijaya Malang, hingga Institut Pertanian Bogor.

“Saya akan keliling seluruh Indonesia untuk memasuki berbagai universitas dan melanjutkan program HIPMI goes to campus,” ujar Mardani.

Di HIPMI, kata Mardani, setiap calon pengusaha akan mendapatkan pelatihan dari para mentor yang sesuai dengan kemampuan. “Ada mentor di tingkat provinsi, kabupaten kota dan nasional. Masalah berhasil atau tidaknya akan dikembalikan kepada calon pengusaha masing-masing,” kata Mardani.

Menurutnya, semua pengusaha muda di Kalsel memiliki peluang yang sama dalam berwirausaha. Selain itu, Mardani menjabarkan, pengusaha muda jangan ragu untuk mencontoh keberhasilan pengusaha muda lainnya. “Karena bisnisnya beda-beda. Kalau saya mencontohkan bisnis tambang, karena saya merasa sukses di bisnis tambang. Tadi ada bisnis yang sukses di bidang hidroponik yang mana ilmunya mencontoh yang sukses,” ucap Mardani.

Mencontoh pengusaha sukses sendiri, Mardani memiliki ilmu yang ia sebut sebagai ATM, yakni amati, tiru dan modifikasi. Ilmu ini sendiri pernah ia gunakan selama menjalankan usahanya. “Buktinya saya sendiri. Karena mencontoh bagi saya sudah dianjurkan oleh agama kita yaitu Islam. Tinggal kita modifikasi sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan orang,” kata Mardani.

Karena, bagi Mardani, pengusaha muda yang baru terjun di dunia wirausaha agar jangan ragu mencontoh dengan pengusaha yang telah sukses. “Kalau masuk dengan pikiran anak muda, silakan mencontoh. Kalau tidak jangan,” kata Mardani.

Salah satu pelaku usaha, Nanik Hayati menyambut baik dengan adanya temu sapa antara pengusaha lokal dengan Ketua BPP HIPMI Mardani H. Maming. “HIPMI ini diharapkan bisa mewadahi UKM agar lebih maju dan membuka jaringan. Alhamdulillah, UKM di Kalsel di bawah kepemimpinan Pak Mardani bisa scale up atau membesarkan usahanya, dengan modal yang diberikan bisa membantu,” kata Nanik yang juga aktif sebagai jurnalis ini.

Selama ini, Nanik menjalankan usaha konveksi yang masih berjalan dan dirinya mengatakan akan terus mengembangkan usaha ini. “Sebelumnya pernah usaha laundry,” kata Nanik.

Selain itu, pengusaha muda lainnya, Oka Wahyudi sukses merintis usaha di bidang hidroponik dan usahanya tersebar di sejumlah wilayah. “Di Jorong, di Sungai Jingah Banjarmasin, di Batola, di Pelaihari dan Banjarbaru. Yang terbesar di Bank Indonesia,” kata Oka.

Oka berharap, dengan adanya temu sapa dengan Ketua BPP HIPMI ini, dirinya maupun pelaku usaha lainnya mendapatkan support dari BPP HIPMI dalam menjalankan roda usaha. “Dalam konteks ke mana arah kita, kita tahu bahwa kita ingin sukses. Tapi menjalankannya itu seperti apa. Dibimbing oleh mereka,” kata Oka. (fikri)

Reporter : Fikri
Editor : Chell

Bagikan berita ini!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
-->