Ayo Daftar, Kabupaten Banjar Siapkan 281 Formasi CPNS! - Kanal Kalimantan
Connect with us

HEADLINE

Ayo Daftar, Kabupaten Banjar Siapkan 281 Formasi CPNS!

Diterbitkan

pada

pemkab Banjar akan membuka sebanyak 281 formasi CPNS untuk guru, tenaga kesehatan, dan tekis. Foto: net

MARTAPURA, Berdasarkan hasil pertemuan presentasi kebijakan pengadaan CPNS Pemerintah Daerah Tahun 2018 yang dilaksanakan oleh Kementerian PAN RB di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (6/9) lalu, Kabupaten Banjar sediakan 281 formasi CPNS untuk tahun 2018.

Hal ini disampaikan Kepala BKD dan PSDM Kabupaten Banjar Mada Teruna. Adapun untuk persyaratan, pihaknya menunggu arahan secara resmi dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara melalui portal online kementerian.
“Ada sebanyak 281 formasi itu terdiri dari tenaga guru, tenaga kesehatan, dan teknis,” kata Mada Taruna, Senin (10/9).
Sementara itu Sekda Kabupaten Banjar Nasrunsyah mengatakan, Banjar termasuk dalam 92 Kabupaten/Kota yang sudah tidak ada masalah dalam melaksanakan penerimaan CPNS. “Sekarang kita masaih menunggu pembagian formasinya,” katanya.

Adapun jadwal lengkap proses penerimaan CPNS dimulai pada bulan September dengan Upload pengumuman dan pendaftaran akan dibuka pada 19 September. Sedangkam untuk pengumuman SKD tanggal 16 Oktober, pelaksanaan Tes CAT SKD dan SKB tanggal 20 Oktober dan pengumuman Seleksi pada tanggal 30 November. “Tetapi tentatif, untuk Kabupaten Banjar masih menunggu pembagian formasi,” tegas Sekda.

Ditambahkan Nasrunsyah, adapun kategori terbagi dua yakni kategori khusus dan kategori umum. Formasi di pemerintah daerah, 186.744 di 525 pemerintah daerah terdiri lagi untuk formasi tenaga pendidikan sebanyak 96 ribu, tenaga kesehatan 60.315 dan sebanyak 30.429 untuk tenaga teknis atau infrastruktur.

“Saya mengingatkan bagi pelamar, jangan mudah tertipu jika ada mengatasnamakan pejabat atau pemkab di lingkungan Pemkab Banjar bisa meloloskan seleksi CPNS tersebut, terlebih dengan iming-iming uang,” pungkasnya.

Setelah sekian lama menunggu dan sempat ditempa isu hoax yang beredar di masyarakat akhirnya Pemerintah Kabupaten Banjar kembali membuka lowongan kepada putra putri daerah untuk menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2018.

Kebijakan penerimaan CPNS Tahun 2018 ini akan dilaksanakan dengan transparan, akuntabel, objektif, kemudahan akses informasi. Peserta daftar di satu instansi dan satu jabatan formasi baik untuk umum atau khusus. Jadwal pembukaan pendaftaran dipastikan serentak instansi pusat dan daerah, satu portal pendaftaran di SSCN BKN, upload dokumen persyaratan elektronik dan peserta bebas memilih lokasi tes CAT.

Perlu diketahui secara umum ada dua jenis formasi yaitu kategori umum dan khusus. Maksud khusus di sini adalah cumlaude (maksimal 5 persen dari total formasi), distabilitas, sedangkan dari tenaga pendidik dan tenaga kesehatan berasal dari eks tenaga honorer kategori II yang tidak lulus tahun 2013 dan memenuhi persyaratan mengikuti seleksi tes CPNS.

Dari definisi eks tenaga honorer K-II adalah honorer yang terdaftar dalam data Base Badan Kepegawaian Negara dan memenuhi persyaratan. Seperti tenaga pendidik, tetap bertugas sebagai guru demikian juga tenaga kesehatan guru.

Seluruh CPNS tetap mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang(SKB) serta seluruh tes berbasis komputer atau CAT.(rendy)


Reporter: Rendy
Editor: chell

Bagikan berita ini!
  • 5
    Shares
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan