Apindo Berharap Ada Rumah Sakit Buruh di Kalsel - Kanal Kalimantan
Connect with us

Kota Banjarmasin

Apindo Berharap Ada Rumah Sakit Buruh di Kalsel

Diterbitkan

pada

Gusti Muhammad Ihsan, pengurus Apindo Kalsel Foto : Mario

BANJARMASIN, Keinginan pekerja di Kalsel mendirikan rumah sakit khusus buruh semakin menguat, dikarenakan selama ini buruh banyak mengalami pelayanan kurang memuaskan di rumah sakit umum.

Gusti Muhammad Ihsan, pengurus Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kalsel mengatakan, banyak pekerja yang menggunakan BPJS Ketenagakerjaan mengeluh dengan pelayanan rumah sakit karena tidak ditangani dengan optimal.

“Buruh mengusulkan agar adanya fasilitas kesehatan yang khusus menangani buruh, memang cukup berat untuk membangun rumah sakit khusus buruh di Kalsel ini,” ujarnya.

Ihsan menuturkan aspirasi buruh sudah lama digaungkan, namun hingga saat ini masih belum ada tanggapan serius dari pemerintah. Padahal dengan jumlah buruh yang sangat besar di Banua, sangat memungkinkan untuk mendirikan rumah sakit khusus buruh. “Sehingga akan ada fasilitas kesehatan yang khusus melayani kaum pekerja,” kata Ihsan.

Sekadar diketahui rumah sakit buruh bukanlah barang baru di Indonesia, ambil contoh pada medio 2014 lalu, Presiden SBY meresmikan RSU Buruh di kawasan industri Jakarta Utara. Selain di kawasan Jakarta Utara, daerah industri di Karawang dan Surabaya juga beroperasi rumah sakit buruh.

Sementara itu, Sekretaris Komisi IV DPRD Kalsel Luthfi Syaifudin menyambut baik usulan pembangunan fasilitas kesehatan yang dikhususkan untuk buruh dan pekerja, namun ia menilai dengan kondisi APBD Kalsel yang terbatas agak sulit mendirikan rumah sakit buruh.

“Kalau melihat fasilitas rumah sakit kita, sebenarnya masih mumpuni untuk kawan-kawan dari buruh dan pekerja,” ucap legislator asal partai Gerindra ini.

Ia menilai pembangunan klinik kesehatan untuk buruh di kawasan industri yang paling memungkin saat ini, sebab pembangunannya tidak menyedot anggaran besar.

“Kami mendukung apapun saran dari kawan-kawan dari pekerja sepanjang bisa memberikan manfaat bagi kawan-kawan pekerja,” pungkas Luthfi. (mario)

Reporter : Mario
Editor : Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan