Connect with us

Lifestyle

Apa Itu Korsleting? Bagaimana Hal Ini Dapat Terjadi dan Cara Mencegahnya

Diterbitkan

pada

https://www.pexels.com/@pixabay

KANALKALIMANTAN.COM – Pada hari Minggu (09/01) dini hari tadi, tepatnya pukul 02.00 WIB, sebuah mobil sedan terbakar di terowongan Gandaria City, Jakarta Selatan dikarenakan korsleting listrik.

Lantas, bagaimana hal seperti ini bisa terjadi? Bagaimana cara pencegahannya?

 

Apa itu Korsleting?



Dilansir dari laman The Spruce, Minggu (9/1/2022) korsleting atau hubungan arus pendek listrik merupakan kondisi di mana arus listrik mengalir dari jalur yang lebih pendek, bukan dari jalur yang seharusnya sudah terpasang.

Hal ini, kemudian menyebabkan lonjakan arus listrik yang memicu percikan api kemudian terjadilah ledakan.

Korsleting ini dapat terjadi di seluruh perangkat yang dialiri listrik, tidak terkecuali pada mobil yang sedang melaju seperti yang terjadi di terowongan Gandaria City Tersebut.

 

Baca juga : Ilmuwan Klaim Temukan Varian Covid-19 ‘Deltacron’, Gabungan Omicron dan Delta

 

Penyebab Korsleting Pada Mobil

Dilansir dari laman Garda Oto, terdapat berbagai komponen listrik penting yang membuat mobil pada akhirnya bisa melaju dengan baik, salah satunya adalah aki. Diantara beberapa faktor yang bisa menyebabkan korsleting listrik pada mobil, beberapa diantaranya adalah :

1. Kabel Paralel Aki

Salah satu penyebab umum korsleting pada mobil adalah kabel paralel pada aki. Baut yang kurang kencang saat proses pemasangan atau service bisa menjadi pemicu terjadinya korsleting.

Baut yang kendor dapat menyebabkan kebakaran pada mesin mobil. Oleh karena itu, selalu pastikan bahwa baut aki terpasang dengan sempurna saat mobil di service.

2. Ruang Mesin

Beberapa mobil mungkin memiliki banyak kabel tambahan yang tidak standar pada mesinnya. Sayangnya, hal ini menjadi salah satu masalah kelistrikan yang muncul dan kemudian membuat korsleting.

Oleh karena itu, periksalah terminal positif pada aki, jika terdapat banyak kabel tambahan di sana, bisa dipastikan bahwa ada banyak listrik tambahan yang mengalir di dalam mobil.

 

Baca juga : Ketum JMSI Kaltim: Media Siber Itu Harus Punya Kantor dan Wartawan

3. Kabel Terputus

Kabel putus mungkin saja terjadi pada mobil dikarenakan beberapa kasus, salah satunya adanya hewan yang memakannya karena mereka berhasil masuk ke rangka mobil.

Pada akhirnya, banyaknya kabel yang putus akan membuat arus kelistrikan pada mobil tidak maksimal dan dapat menyebabkan korsleting pada mobil hingga memicu percikan api kemudian.

4. Pemilihan Kabel Tidak Sesuai

Pemilihan kabel listrik mobil yang tidak sesuai, seperti ukuran yang terlalu besar atau kecil juga dapat menjadi penyebab korsleting listrik. Hal ini dikarenakan besarnya arus yang mengalir tidak bisa maksimal, karena kabel yang digunakan bukan pasangannya.

Dengan daya tegangan listrik yang berbeda-beda pada komponen kelistrikan yang ada pada mobil. Maka, jenis kabel yang digunakan pun harus menyesuaikan ukurannya demi menghindari korsleting pada mobil.

Demikian informasi mengenai korsleting pada mobil dan penyebabnya. Semoga membantu dan jangan lupa untuk melakukan service mobil secara berkala. (Suara.com / Hillary Sekar Pawestri)

Editor : Suara


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->