Connect with us

Kota Banjarmasin

Antisipasi Covid-19, Masjid-masjid di Banjarmasin Disemprot Disinfektan

Diterbitkan

pada

Sejumlah masjid di Banjarmasin disemprot disinfektan jelang pelaksanaan sholat Jumat Foto : fikri

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Menyikapi penyebaran virus Corona atau COVID-19, berbagai langkah ditempuh guna menangkal penyebaran virus. Salah satunya, penyemprotan cairan disinfektan di beberapa tempat, salah satunya mesjid.

Pada Jumat (20/3/2020) pagi, jajaran Dinkes Provinsi Kalsel melakukan penyemprotan disinfektan di Mesjid Sabilal Muhtadin. Penyemprotan sendiri dilakukan sebelum digelarnya sholat Jumat di mesjid terbesar di Kota Banjarmasin ini.

Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor yang turut serta menyemprot disinfektan mengatakan, langkah ini diambil untuk memastikan keamanan dan kesehatan masyarakat yang beribadah di mesjid ini. Apalagi, mesjid merupakan tempat dengan konsentrasi massa yang cukup banyak.

“Mari kita sama sama menjaga kebersihan, dilingkungan masing masing, kita yakin dengan bersih akan terhindar dari segal virus, terutama Corona yang bisa mematikan,” kata Paman Birin, sapaan akrabnya.



Sementara itu, Kepala Dinkes Provinsi Kalsel M. Muslim memastikan, penyemprotan disinfektan tidak berbahaya untuk tempat ibadah seperti masjid. Apalagi, tempat ibadah menjadi prioritas penyemprotan disinfektan. “Insyaallah cairan ini sudah kita pilih yang aman untuk tempat ibadah,” kata Muslim.

Tak hanya instansi pemerintahan, penyemprotan cairan disinfektan di tempat ibadah terutama masjid juga dilakukan oleh masyarakat atau relawan. Pada Jumat (20/3/2020) siang, relawan yang tergabung dalam Panglima Batur Rescue melakukan penyemprotan disinfektan di Mesjid Muhammadiyah Al Muhajirin, Kuin Utara Banjarmasin.

“Kami peduli untuk pencegahan COVID-19, di mana kami sebagai pengurus Panglima Batur Rescue sangat perduli dengan membantu masyarakat, terutama mesjid-mesjid dan musholla,” kata Ketua Panglima Batur Rescue, Gusti Taufik.

Tak hanya mesjid, Taufik memastikan ia akan membantu penyemprotan disinfektan di sekolah-sekolah jika diminta. Langkah ini sendiri diambil, guna menangkal penyebaran virus COVID-19 baik di mesjid maupun sekolah. “Masyarakat lebih membutuhkan untuk pencegahan penularan COVID-19. Insyaallah kami akan menambah alat-alat lagi,” tukas Taufik. (Kanalkalimantan.com/fikri)

Reporter : Fikri
Editor : Chell

 


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->