Anak PAUD CTB Banjarbaru Kunjungi Perpustakaan Palnam - Kanal Kalimantan
Connect with us

Pendidikan

Anak PAUD CTB Banjarbaru Kunjungi Perpustakaan Palnam

Diterbitkan

pada

Kegiatan anak-anak PAUD CTB di Perpustakaan Palnam Banjarmasin Foto : Mario

BANJARMASIN, PAUD Citra Tunas Bangsa (CTB) Banjarbaru melakukan kunjungan ke perpustakaan Palnam pada Rabu (10/10) pagi. Dengan membawa 66 rombongan anak-anak dimulai dari play group, TK A, dan TK B juga beserta guru dan orangtua murid.

Kedatangan mereka disambut baik oleh H Nurliani Dardie selaku Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalimantan Selatan dan juga para staff perpustakaan pada pukul 09.00 WITA.  Kepala Sekolah PAUD CTB, Lilis Tiati menyampaikan bahwa hal ini merupakan agenda PAUD CTB sendiri.

“Jadi kami setiap tahun ada agenda tempat-tempat yang akan dituju dalam program selama 1 semester,” katanya.

Ia mengakui bahwa kerja sama PAUD CTB dengan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalimantan Selatan ini sudah terjalin sangat lama. “Kita bekerja sama dengan Bunda Nunung ini sudah lama dari 2007,” ungkap Bunda Lilis.

Di perpustakaan Palnam, setelah diadakan penyambutan oleh pihak perpustakaan, kegiatan selanjutnya adalah sedikit ramah tamah baik dari Kadispersip mapun kepala sekolah PAUD CTB. PAUD CTB juga tidak lupa membawa sedikit kenang-kenangan untuk diberikan kepada perpustakaan.

PAUD CTB ini sebelumnya sudah pernah dikunjungi oleh perpustakaan keliling Dispersip Kalsel.  “Jadi anak-anak itu antusias banget ya. Walaupun mereka masih belum bisa baca, tapi mereka bisa melihat dari gambar kan. Jadi dari gambar itu mereka bisa membaca dengan pola pikir mereka sendiri dan dari situ keinginan untuk membaca timbul,” ungkap Bunda Lilis.


Dalam hal ini juga PAUD CTB meminta kerja sama dengan para orangtua agar mereka merelakan waktu mereka paling tidak selama 15 menit membacakan buku cerita kepada anak-anaknya.

Salah satu orangtua murid yang dikenal dengan sebutan Mama Mirza yang bekerja di Dinas Provinsi, bersedia menjembatani agar para murid PAUD CTB mendapat bantuan berupa 2 buah bus untuk mengangkut mereka dari Banjarbaru menuju perpustakaan Palnam Banjarmasin. Mama Mirza sendiri merasa senang dengan adanya kegiatan seperti ini. “Bagus. Ajang edukasi anak untuk pelajaran, biar anak-anak bisa terbiasa membaca buku,” ungkapnya.

Setelah kegiatan ramah tamah. Anak-anak PAUD CTB juga melakukan kegiatan bernyanyi bersama dan selanjutnya mereka membuka halaman demi halaman buku yang ada di dalam perpustakaan anak dan juga bermain. Sebelum melanjutkan kegiatan mereka menuju kebun binatang Jahri Saleh yang sudah ada di dalam agenda, pihak PAUD CTB diajak untuk menengok dan sedikit bersantai di taman belakang perpustakaan Palnam.

Kadispersip Kalsel yang kerap disapa dengan bunda Nunung ini juga menyampaikan rasa terima kasihnya karena masyarakat kini semakin mengenal perpustakaan Palnam. “Ya Alhamdulillah berkat bantuan teman-teman media cetak dan elektronik yang turut serta mempromosikan gemar berkunjung ke perpustakaan, masyarakat jadi mulai mengenal ada beberapa fasilitas terbaru di perpustakaan ini,” kata Bunda Nunung.

Sempat hampir bentrok dengan kedatangan PAUD dari Al kutsar Sungai Lulut, untungnya kegiatan ini bisa berjalan dengan baik. “Seperti yang kita lihat tadi pagi, ada juga kunjungan dari PAUD Al Kautsar Sungai Lulut. Untung saja mereka datang lebih pagi. Kalau tidak, bisa enggak cukup deh” cerita Bunda Nunung.

Untuk perpustakaan anak ini sendiri akan diproses untuk lebih diluaskan lagi nantinya agar bisa menampung lebih banyak pengunjung dan masih ada fasilitas “rahasia” yang masih dipersipakan oleh Bunda Nunung untuk mempercantik perpustakaan Palnam. (mario)

Reporter : Mario
Editor : Chell

Bagikan berita ini!
  • 20
    Shares
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan