ACT dan UKM Musik Se Banjarmasin Aksi Solidaritas untuk Lombok - Kanal Kalimantan
Connect with us

ACT KALSEL

ACT dan UKM Musik Se Banjarmasin Aksi Solidaritas untuk Lombok

Diterbitkan

pada

ACT bersama UKM Musik se-Banjarmasin menggalang bantuan untuk korban gempa Lombok. Foto : ACT

BANJARMASIN,  Ratusan jiwa terdampak gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat telah membangkitkan semangat kepedulian dari warga banua, khususnya anak-anak muda. Setelah siswa-siswa MAN 3 Banjarmasin yang telah mengumpulkan infak sebesar Rp 1.950.000 pada Jumat (10/8), kini giliran UKM Musik Se Banjarmasin menunjukkan kepeduliannya.

Para mahasiswa yang berasal dari lima universitas berbeda yaitu UIN Antasari, Politeknik Banjarmasin, UNISKA, STIKIP, dan STIMIK Banjarmasin melakukan aksi penggalangan dana untuk Lombok di simpang empat Jl Veteran Banjarmasin, Sabtu (11/8).

Arysandi selaku ketua UKM Musik Antasari mengaku aksi solidaritas tersebut dilakukan karena panggilan kemanusiaan.

“Kasihan banyak saudara di sana (Lombok) yang jadi korban, kehilangan harta benda hingga nyawa,” ucapnya.

Arysandi mengaku awalnya bingung untuk penyaluran bantuan nanti diserahkan kemana. Namun, begitu mengetahui ada lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap di Kalimantan Selatan, maka segera Ia ajak bekerjasama.

“ACT sudah terbukti cepat dan tanggap merespon bencana jadi kami percayakan donasi yang terkumpul ke ACT,” tuturnya.



Donasi yang terkumpul sebesar Rp 6.073.500 langsung diserahkan kepada tim ACT Kalsel. Arysandi berharap bantuan yang terkumpul bisa meringankan beban para korban.

Humas ACT Retno Sulisetiyani mengaku bangga dengan aksi tersebut. “Ini membuktikan rasa solidaritas dan kepedulian pemuda di Kalsel masih sangat tinggi,” ujar wanita yang biasa disapa Retno itu.

Retno menyampaikan bahwa ACT Kalsel membuka diri dengan organisasi dan komunitas pemuda yang ingin berkontribusi dalam dunia kemanusiaan. “Sebagai lembaga, kami punya tanggungjawab untuk melestarikan semangat berbagi sehingga sudah seharusnya kami memberi perhatian khusus kepada komunitas atau organisasi,” imbuhnya.

Tim emergency response ACT  menyebutkan bahwa sejak guncangan gempa sebesar 7,0 SR telah menyebabkan korban meninggal mencapai 381 jiwa. Saat ini ACT telah menurunkan tim medis ke berbagai lokasi terdampak. (act/tim)

Reporter : Act/tim
Editor : Chell

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share