Connect with us

Kanal

Menjual Wisata Susur Sungai di Batola Jadi Unggulan

Diterbitkan

pada

Wisata susur Sungai Barito di Marabahan. Foto : retno

KANALKALIMAMTAN.COM, MARABAHAN – Digadang untuk menjadi wisata unggulan, susur sungai Barito di Marabahan memerlukan dukungan lintas sektor. Demikian Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporbudpar) Barito Kuala Gusti Ruspandi menjelaskan kepada Kanalkalimantan.com, Rabu (16/1/2020).

Hal ini, terangnya, melihat perkembangan minat yang cukup tinggi terhadap susur sungai Barito yang sejak November 2019 dilaunching itu.

“Kami sudah siapkan proses pengembangan wisata ini selanjutnya, termasuk soal dermaga dan pengadaan kapal, bahkan kami sudah punya tim konsultan untuk desain kapal,” paparnya.

Soal dermaga, lebih lanjut Gusti Ruspandi mengatakan akan dibangun secara permanen. “Titik yang sudah ada pelabuhan akan diperbaiki, sedangkan yang belum ada maka akan dibangun,” katanya. “Kami berharap rencana ini juga didukung oleh dinas-dinas lain yang terkait,” imbuhnya.

Gusti Ruspandi menyampaikan pembangunan dermaga di titian Pelangi terkendala relokasi jamban warga. “Ini kami koordinasikan dengan Dinas PU untuk dibantu relokasi. Kalau warga sih sudah setuju,” ucapnya.

Kadisporbudpar Batola Gusti Ruspandi. Foto : retno

Kolaborasi lain yang Ia harapkan adalah pembuatan kafe terapung di area Jembatan Rumpiang. Gusti Ruspandi juga mengaku telah berkoordinasi dengan Dinas Perikanan dan Dinas Koperasi.

“Alhamdulillah kami sudah punya perencanaan matang untuk wisata susur sungai, kami berharap dukungan saja dari berbagai pihak,” tandasnya.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, titik lokasi susur sungai Barito di Marabahan meliputi siring Ulek Marabahan, titian Pelangi, sentra kerajinan di Lepasan, stockpile batu bara, jembatan Rumpiang, sentra keramba ikan, dan Masjid Agung Al Anwar. (kanalkalimantan.com/retno)

Reporter : Kanalkalimantan.com/Retno
Editor : Bie


iklan

MUSIC HITS with VOA


Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->