Connect with us

Kota Banjarmasin

Cuma Bertahan 5 Tahun, TPA Basirih Banjarmasin Perlu Perluasan

Diterbitkan

pada

TPA Basirih Banjarmasin. foto : dlh banjarmasin

BANJARMASIN, Usia Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Basirih diperkirakan hanya akan bertahan 5 tahun ke depan. Kondisi terkini itu diutarakan oKepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kota Banjarmasin, Muhkyar.

Oleh sebab itu, Kadis LH Banjarmasin menyebut, perlu ada proyek perluasan TPA Basirih guna memperpanjang usia TPA, untuk optimalisasi daya tampung sampah dari warga kota Banjarmasin setiap harinya.
Kini proyek pengerjaan perluasan TPA Basirih yang disiapkan Pemko Banjarmasin senilai Rp 1,1 miliar memasuki tahap lelang. Dinas LH Banjarmasin menargetkan periode lelang sampai akhir bulan April 2019.
“Makanya kita perluas TPA dan akses menuju dari samping TPA Basirih dengan panjang sekitar 600 meter dan menghabiskan pagu anggaran sebesar Rp 1,1 miliar,” jelas Mukhyar.
Pun, Mukhyar mengatakan perluasan ini guna mempermudah petugas kebersihan untuk menghimpun sampah dari seluruh TPS di kota Banjarmasin. Hal ini dikarenakan sebelumnya jalur akses masuk TPA Basisih terlalu sempit, kemudian ikut diperluas.

“Di sana kan jalur akses terdahulu itu sangat sempit, dengan adanya perluasan nantinya, maka jalur akses masuk dibuka hingga ke samping kanan TPA dan lebih luas. Jadi lalu lalang motor pengangkut sampah menjadi mudah,” beber Mukhyar.
Mukhyar menambahkan, pengadaan garasi alat berat juga masih dalam tahap lelang dengan periode target yang sama seperti perluasan TPA Basirih. Menurut Mukhyar, TPA Basirih belum dilengkapi garasi alat berat sehingga keberadaan alat berat menjadi penghambat operasional TPA.
“Maka dari itu kita buatlah garasi alat berat,” kata Mukhyar. Adapun pembuatan garasi alat berat menelan biaya APBD dengan pagu anggaran Rp 800 juta. “Kami tunggu tahap lelang keduanya ini, mudah-mudahan awal bulan April sudah bisa dilakukan,” pungkasnya. (mario)

Reporter:mario
Editor:bie


iklan

MUSIC HITS with VOA


Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->