Connect with us

Kota Banjarmasin

5 Rumah Ludes Terbakar di Pelambuan, Kerugian Capai Ratusan Juta

Diterbitkan

pada

Kebakaran yang terjadi di wilayah Pelambuan, Banjarmasin Barat Foto : antara

BANJARMASIN, Kebakaran kembali terjadi di Banjarmasin. Tak berselang lama setelah Walikota Ibnu Sina menyerahkan bantuan korban kebakaran di kawasan Kuin, si jago merah kembali mengamuk. Kali ini membakar lima rumah di kawasan Pelambuan, Banjarmasin Barat, Kamis (7/2) pukul 11.00 Wita.

Kebakaran menghanguskan rumah milik  Rusminah, Ismail, Syamsiah, Misraji, dan Ernawati. Ketua RT 51 Kelurahan Pelambuan, H Juhdar mengatakan, semua harta benda di rumah tersebut tak bisa diselamatkan.

“Termasuk satu sepeda motor yang dalam kondisi terkunci gembok karena ditinggal pemiliknya,” ungkapnya.

Aksi jalan menuju lokasi yang sempit, sempat menyulitkan pemadam untuk menjinakkan api. Walaupun akhirnya ratusan BPK berhasil menguasai setelah berjibaku selama kurang lebih 30 menit di lokasi kejadian yang berdekatan dengan Puskesmas Pelambuan serta SLB Negeri Pelambuan Banjarmasin.

Kepala BPBD Banjarmasin M Hilmi didampingi Lurah Pelambuan Soltoni mengatakan, api berasal dari rumah Rusminah yang sedang dalam kondisi kosong karena ditinggal ke sawah. Sementara anggota BPK  Hippindo Ton 6 Imam mengatakan,  menyampaikan kendala utama saat proses pemadaman adalah akses jalan yang sempit.

“Hal ini diperparah dengan  minimnya sumber pasokan air. Kami gunakan air bercampur lumpur untuk memadamkan api,” jelasnya.

Diduga, api berasal dari korsleting listrik. Akibat kejadian ini, sementara kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. Hal ini sebagaimana disampaikan Kapolsek Banjarmasin Barat AKP Mars Suryo Kartiko di lokasi kejadian. “Api diduga berasal dari korsleting arus pendek listrik karena tidak teraturnya instalator,” jelasnya.(mario)

Reporter : Mario
Editor : Chell

Bagikan berita ini!
  • 3
    Shares