Connect with us

HEADLINE

4 Fakta Menarik 17 Agustus 1945, Naskah Asli Proklamasi Sempat Dibuang hingga Soekarno Tertidur

Diterbitkan

pada

Ilutrasi Kemerdekaan RI. Grafis: rideka/kanalkalimantan

KANALKALIMANTAN.COM – Tahun 2022, Indonesia telah menginjak usia 77 tahun. Tahun ini sendiri, perayaan Hari Kemerdekaan RI mengusung tema “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat.”

Pada tanggal 17 Agustus 1945 lalu, Presiden Pertama Indonesia Ir Soekarno membacakan teks Proklamasi yang menjadi penanda bahwa Indonesia merdeka dari jajahan negara-negara di dunia. Momen bersejarah itu pun diperingati sebagai Hari Kemerdekaan hingga saat ini.

Namun, tahukah kamu, rupanya di balik pembacaan teks Proklamasi 17 Agustus 1945 itu terdapat beberapa fakta menarik dan setengah lucu yang jarang diketahui publik.



 

 

Baca juga: Jembatan Paringin Mulai ‘Ambles’, Bupati Balangan Bersurat ke Gubernur

Mengutip dari Instagram Direktorat Jenderal GTK Kemendikbudristek, berikut beberapa fakta menarik di balik hari kemerdekaan 17 Agustus 1945 silam.

1.Naskah Asli Proklamasi Sempat Dibuang

Rupanya, sebelum naskah proklamasi yang asli dimuseumkan seperti saat ini, teks bersejarah ini sempat dibuang ke tempat sampah.

Dikatakan, naskah asli ini ditemukan di tempat sampah di rumah Laksamana Maeda oleh wartawan asal Aceh, BM Diah.

BM Diah kemudian menyimpan naskah tersebut selama 47 tahun sebelum diserahkannya ke Museum Arsip Nasional pada 1992.

2. Suara Pembacaan Teks Proklamasi Ir Soekarno Merupakan Rekaman Ulang

Seperti yang kita ketahui, sering kali dalam berbagai video atau pertunjukkan disetel rekaman suara Ir Soekarno saat membacakan Proklamasi. Namun, rupanya suara tersebut merupakan rekaman ulang.

Lantaran, kala itu teknologi belum canggih dan bisa merekam video disertai suara. Rekaman pembacaan teks Proklamasi yang selama ini kita dengar ternyata baru dilakukan pada 1952 di studio RRI.

3. Dokumentasi Proklamasi Nyaris Disita

Proses Indonesia menuju merdeka memang butuh perjuangan berat. Bahkan, dokumentasi Proklamasi Kemerdekaan RI hampir disita oleh Jepang. Namun, salah satu fotografer yang mengabadikan momen ini, Frans Mendur berhasil menyelamatkan dokumentasi kemerdekaan RI.

Baca juga: Tim KPK Angkut 4 Box Berkas dari Kantor PT Batulicin Enam Sembilan

Dokumentasi itu sendiri ia tanam di bawah pohon kantor Harian Asia Raja agar tidak ditemukan dan disita oleh Jepang.

4. Soekarno Masih Tertidur Pulas

Fakta berikutnya merupakan bukti bahwa Ir Soekarno adalah seorang pemimpin yang tangguh. Bagaimana tidak, dua jam sebelum pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan, Ir Soekarno masih tertidur pulas karena sakit.

Meski demikian, Soekarno tetap bangkit dari ranjangnya untuk mengumumkan Kemerdekaan kepada rakyat Indonesia. (Kanalkalimantan.com/kk)

Reporter : kk
Editor : bie


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->