Connect with us

Infografis Kanalkalimantan

3 Juni Hari Sepeda Sedunia, Ini Sejarahnya

Diterbitkan

pada

Ilustrasi Hari Sepeda Sedunia. Grafis: rideka/kanalkalimantan

KANALKALIMANTAN.COM – Tak banyak yang tahu 3 Juni diperingati Hari Sepeda Sedunia. Sepeda menjadi alat transportasi sangat umum diketahui oleh masyarakat di seluruh dunia dan masih sering digunakan oleh seluruh kalangan masyarakat.

Peringatan Hari Sepeda Sedunia dibuat tanpa sebab sebagaimana agar masyarakat lebih bisa aktif untuk melakukan kegiatan sederhana diantaranya bersepeda. Meskipun termasuk alat transportasi tetapi sepeda bisa menjadi sarana untuk berolahraga dan baik untuk lingkungan sekitar.

Sepeda merupakan alat transportasi tua yang tidak mengeluarkan polusi sehingga baik untuk lingkungan khususnya kualitas udara sekitar. Di Indonesia pun banyak pengguna sepeda untuk beraktivitas dan berolahraga, tetapi tidak sedikit yang menggunakannya untuk transportasi bepergian dalam jarak yang tidak terlalu jauh.

Sejarah Hari Sepeda Sedunia

Mengutip dari National Today Hari Sepeda Sedunia ditetapkan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) setelah hasil kampanye dari seorang profesor bernama Leszek Sibilski dari Turkmenistan dan 56 negara lain.

Kampanye tersebut dimulai untuk mempromosikan resolusi PBB yang akan menetapkan hari untuk advokasi dan perayaan sepeda sederhana di seluruh dunia.

Sehingga pada tahun 2015 Sibilski pun mendedikasikan dirinya untuk proyek akademik, mengeksplorasi sepeda dan perannya dalam pembangunan.

Proyek Sibilski pun melambung dan menjadi sebuah gerakan besar yang didukung oleh ‘Mobilitas Berkelanjutan untuk Semua’.

Sampai akhirnya menghasilkan hari internasional khusus yang ditetapkan oleh PBB dalam mempromosikan bersepeda.

Hasilnya, pada 12 April 2018 resolusi menyatakan 3 Juni menjadi Hari Sepeda Sedunia dengan suara bulat diadopsi oleh 193 negara anggota Majelis Umum PBB. Peringatannya pun masih sering dirayakan hingga saat ini dengan sejumlah kampanye dan aktivitas bersepeda yang menarik. (Kanalkalimantan.com/kk)

Editor: kk


iklan

Komentar

MUSIC HITS with VOA


Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->