Connect with us

HEADLINE

259 Kafilah Siap Bertanding pada MTQ Ke-51 Kota Banjarmasin

Diterbitkan

pada

Pembukaan MTQ Kota Banjarmasin yang berlangsung meriah Foto: mario

BANJARMASIN, MTQ Nasional Ke-51 Tingkat Nasional Kota Banjarmasin resmi dibuka Wakil Walikota Banjarmain Hermansyah, di halaman Taman Budaya, Banjarmasin. Kegiatan yang akan berlangsung dari tanggal 15-18 Maret ini diikuti oleh 259 peserta se-Kecamatan berjalan meriah.

Acara diawali pelantikan dewan hakim oleh Wawali Hermansyah dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Camat Banjarmasin Utara, Drs H Heriansyah, selaku tuan rumah MTQ. Dari 259 peserta yang mengikuti MTQ kali ini, 80 peserta mengikuti lomba cabang tilawah, 69 peserta lomba tahfiz Quran, dan 110 peserta cabang lomba yang terbagi atas Syarhil Quran, Fahmil Quran, Khattil Quran, dan pawai ta’aruf.

Hermansyah dalam sambutan pembukaan MTQ mengatakan, melalui MTQ ke-51 ini diharapkan akan menghasilkan juara yang berkualitas, untuk bisa maju di tingkat provinsi. “Saya berharap, pada MTQ ini bisa menjaring juara yang bisa bertanding hingga provinsi, nasional dan internasional,” katanya.

Herman menambahkan, selain untuk mendapatkan bibit Qori dan Qoriah yang terbaik, diharapkan MTQ juga akan mampu menghasilkan generasi Qurani yang akan mampu membawa kemajuan bagi masyarakat dalam mewujudkan Banjarmasin Baiman yaitau bersih dan aman.

MTQ juga menjadi salah satu sarana untuk meningkatkan syiar islam dan memotivasi seluruh masyarakat, untuk terus belajar Al Quran. Pembukaan MTQ yang juga dihadiri oleh pejabar Forkopimda, dimulai dengan pemukulan beduk oleh Wakil Wali Kota didamping seluruh pejabat terkait.

Sementara itu, Ketua Pelaksana MTQ yang juga Camat Banjarmasin Utara Apiludin Noor mengatakan, MTQ kali ini bertema dengan semangat MTQ Nasional ke 51 kita tingkatkan insan qurani, untuk mewujudkan Banjarmasin Baiman. Menurutnya, MTQ ini menjadi spesial karena juga menjadi momentum untuk menyongsong pelaksanaan Pemilu yang aman dan damai.

Ia merinci, untuk cabang MTQ dan tilawah dewasa akan dilaksanakan di panggung utama, tilawah dan qiraah remaja dilaksanakan mushala komplek kejaksaan serta tilawah anak dan tartil quran, di masjid komplek ULM. Selanjutnya, tilawah satu jus, 5 juz, 10,20 dan 30 juz dilaksanakan di masjid Sirajul Huda, jalan Cendana RT 1.

Untuk cabang lomba Syahrir Quran dilaksanakan di panggung utama, Fahmil Quran dilaksanakan di kantor Kecamatan Banjaramasin Utara, qatil untuk dekorasi dan hiasan musab dilaksanakan di Taman Budaya dan beberapa cabang lomba lainnya.

Di sisi lain, Kabag Tata Usaha Kanwil Agama Kota Banjarmasin Zaenal Mutaqin berharap, melalui kegiatan ini, akan mampu meningkatkan kecintaan generasi muda terhadap Al Quran. “Apalagi saat ini di Kota Banjarmasin, sudah ada gerakan mengaji bagi para pelajar,” katanya.

Dia berharap, seluruh peserta bisa bersungguh-sungguh dalam mengikuti lomba. Acara pembukaan diikuti oleh masyarakat secara antusias, terbukti hingga pukul 22:00 Wita, puluhan warga masih bertahan untuk menonton.

Warga Alalak Banjarmasin Utara, Gapuri mengatakan, sangat senang diselenggarkannya MTQ, apalagi banyak hadiah yang disiapkan pantia untuk pengunjung, termasuk hadiah umrah. “Acara seperti ini,sangat layak diselenggarakan di Kota Banjarmasin, apalagi banyak hadiah yang disiapkan oleh panitia bagi penonton,” katanya.

Dia juga sangat mengapresiasi program wali kota yaitu magrib mengaji untuk menumbuhkan kecintaan generasi muda kepada Al Quran.

Sebelum Wawali Hermansyah menyampaikan sambutan, terlebih dahulu dilakukan penyerahan piala bergilir yang dalam hal ini dari camat Banjarmasin Tengah kepada camat Banjarmasin Utara, selaku tuan rumah MTQ yang diperantarai oleh Wawali Hermansyah.

Acara pembukaan ditutup dengan pemukulan bedug oleh Wawali dan pengibaran bendera MTQ. Usai pembukaan, disampaikan Wawali kepada pihak media, bahwa ia berharap Banjarmasin mampu mempertahankan juara umum yang telah dicapai pada MTQ Nasional Tingkat Provinsi kelak. (mario)

Reporter:Mario
Editor:Cell

Bagikan berita ini!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
-->