25 Pramuka Saka Bahari Kalsel Ikut Pelantara VIII Sail Moyo Tambora - Kanal Kalimantan
Connect with us

Kota Banjarmasin

25 Pramuka Saka Bahari Kalsel Ikut Pelantara VIII Sail Moyo Tambora

Diterbitkan

pada

Danlanal Banjarmasin Letkol Laut (P) Wijayanto SE melepas 25 orang peserta Pelayaran Lintas Nusantara (Pelantara) VIII Sail Moyo Tambora 2018. Foto : Kwarda Kalsel

BANJARMASIN, Komandan Lanal (Danlanal) Banjarmasin Letkol Laut (P) Wijayanto SE melepas 25 orang peserta Pelayaran Lintas Nusantara (Pelantara) VIII Sail Moyo Tambora 2018. Anggota Pramuka Kwartir Daerah (Kwarda) Kalsel dari Satuan Karya Pramuka Bahari, dilepas di Gedung Pramuka Kwarda Kalsel pada Sabtu 25 Agustus 2018.

Sebanyak 25 orang peserta Pelantara VIII terdiri dari 12 anggota Pramuka Saka Bahari Kwarcab Banjarmasin, 6 orang Pramuka Saka Bahari Kwarcab Tanah Bumbu, 6 orang Pramuka Saka Bahari Kwarcab Kotabaru, 1 Pimpinan Kontingen Kwarda Kalsel.

Peserta akan bertolak dari Banjarmasin menuju Surabaya, nantinya peserta akan bergabung dengan ratusan anggota Pramuka se-Indonesia menumpang KRI yang kemudian akan mengikuti kegiatan Pelantara,  mulai tanggal 29 Agustus-11 September 2018 di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

Danlanal Banjarmasin meminta sebagai generasi muda harus menjaga nama baik dalam bergaul dan mempertahankan jiwa bahari selama mengikuti kegiatan. Dengan kegiatan seperti ini, para Anggota Pramuka Saka Bahari berkesempatan lebih mengenal  tentang kemaritiman dan sebagai ajang silaturahmi dan pemersatu antar anggota Pramuka Saka Bahari.

“Selamat mengikuti kegiatan Pelantara VIII tahun 2018, semoga kegiatan seperti ini bermanfaat untuk bekal hidup  nantinya,  serta jaga kesehatan dan tetap semangat dalam mengikuti semua kegiatan tersebut,” ujar Danlanal.

Kegiatan Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) adalah upaya mempertahankan NKRI dan memupuk rasa cinta terhadap tanah air. Meningkatkan wawasan kebangsaan dan rasa nasionalisme pemuda, serta menyebarkan rasa kecintaan kebaharian dikalangan masyarakat. Membangkitkan persatuan dan kesatuan dikalangan pemuda dalam kerangka NKRI, melalui proses pembinaan pada generasi muda Saka Bahari.

Sementara itu, Mayor Laut (W/K) dr Meutia mengharapkan, Saka Bahari Kalsel yang akan mengikuti Pelantara VIII mempersiapkan diri dalam misi kemanusiaan. Karena pada saat yang sama, NTB dalam pemulihan kondisi pasca gempa Lombok. Dengan tujuan tersebut diharapkan anggota Saka Bahari dapat membantu secara moril terhadap korban gempa yang diamatkan dalam Dharma Pramuka. (rico)

Reporter: Rico
Editor: Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan