Connect with us

Kabupaten Tanah Bumbu

16 Peserta Ikuti Pelatihan Instalasi Listrik Rumah Tangga Disnakertrans Tanbu

Diterbitkan

pada

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Tanah Bumbu menggelar pelatihan instalasi listrik. Foto: ftr

KANALKALIMANTAN.COM, BATULICIN – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) melakukan pelatihan instalasi listrik program pelatihan kerja dan produktivitas tenaga kerja, Jum’at (11/11/2022).

Kepala Disnakertrans Tanbu diwakili Kabid Tenaga Kerja, Yamani mengatakan, Disnakertrans Tanbu melaksanakan kegiatan pelatihan ini dengan sasaran peserta dari beberapa kecamatan, dikuti 16 orang.

Dalam kondisi pandemi Covid-19 ini, masyarakat telah banyak kehilangan pekerjaan, Disnakertrans berharap dapat mengurangi angka pengangguran dan membentuk kemandirian masyarakat.

“Semoga pelatihan ini berkesinambungan, sehingga nantinya bisa dilakukan pelatihan tehnik yang lebih mengusai,” ucap Yamani.



 

 

Baca juga: Hari Ayah 12 November, Awal dan Sejarah Peringatan di Indonesia

Muhammad Thaharuddin staf tenaga kerja, menambahkan, pelatihan instalasi listrik rumah tangga diterapkan kepada peserta sebagai pembinaan tingkat dasar yaitu memahami listrik 220 volt. Sehingga nantinya peserta bisa merakit dan merancang sendiri untuk terapan di rumah maupun lingkungannya.

Antusias peserta dalam mengikuti pelatihan ini terlihat dari terpenuhinya kuota kebutuhan peserta yang dengan cepat. Hanya dalam rentang waktu 2 hari kuota peserta langsung terisi. Sedangakan pelatihan instalasi listrik rumah tangga sangat terbatas, sehingga harus dilakukan uji seleksi kepada pendaftar.

“Kedepannya semoga dengan adanya anggaran dan program selanjutnya, kita bisa lanjut pelatihan untuk tehnik industri. Instruktur kami ambil dari tenaga ahli profesional, kami berharap dari pusat ada kebijakan kembali untuk bisa menambah kelas pelatihan,” imbuhnya.

Iwan Aprianto, penanggung jawab pelatihan kegiatan Disnakertrans Tanbu menyampaikan program yang dibawa ini merupakan hasil dari Musrenbang tahun 2021 dan diimplementasikan di tahun 2022, untuk Kecamatan Simpang Empat dilaksanakan di Desa Sejahtera dengan pelatihan instalasi listrik.

Baca juga: Misteri Keluarga Tewas Membusuk di Kalideres, Diduga Kelaparan Kulkas Kosong Tak Ada Makanan

“Sasaran adalan putra-putra yang baru lulus dari SMU sederajat, kita berikan pembekalan pelatihan dan keterampilan, agar nantinya pasca pelatihan peserta bisa mandiri dan menghasilkan perkembangan dari pelatihan ini. Nantinya pelatihan ini kami laksanakan dengan pola waktu 240 jamatau sebulan, semoga ilmu yang diterapkan bisa bermanfaat, instalasi listrik ini merupakan kebutuhan umum masyarakat, kami rekrut kegiatan ini secara gratis untuk peserta melalui anggaran APBD Kabupaten Tanbu. Selain itu peserta diberikan sertifikat usai pelatihan berakhir,” bebernya.

Muhammad Rehan Fadhillah, peserta dari Desa Kersik Putih mengatakan, sangat tertarik mengikuti pelatihan sebagai penunjang usaha yang nantinya akan ia bangun sendiri.

“Saya ingin paham tentang ilmu instalasi listrik ini, agar nantinya bisa saya terapkan di rumah maupun tempat usaha sendiri,” paparnya.(Kanalkalimantan.com/ftr)

Reporter : ftr
Editor : kk


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->