Connect with us

Infografis Kanalkalimantan

15 Juli, Peringatan Hari Keterampilan Pemuda Sedunia

Diterbitkan

pada

Ilustrasi Hari Keterampilan Pemuda Sedunia. Grafis: Rideka/Kanalkalimantan

KANALKALIMANTAN.COM – Hari Keterampilan Pemuda Sedunia (World Youth Skill Day) diperingati setiap 15 Juli.

Hari Keterampilan Pemuda Sedunia ini pertama kali dideklarasikan oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa (PBB) pada tahun 2014.

Baca juga: Catat Tanggalnya, Festival “Mesiwah Pare Gumboh” Dayak Deah di Halong

Tujuan peringatan untuk merayakan pentingnya strategis membekali kaum muda dengan keterampilan untuk pekerjaan dan kewirausahaan.

Deklarasi penetapan World Youth Skill Day ini sejalan dengan program kerja PBB untuk mencapai pembangunan berkelanjutan. Hari Keterampilan Pemuda Sedunia merupakan kesempatan baik bagi para mitra kebijakan, pengusaha, mitra pembangunan, serta program pendidikan kejuruan dan pelatihan untuk berdialog dengan kaum muda mengenai keterampilan yang dibutuhkan saat dunia bertransisi menuju model pembangunan berkelanjutan.

 

Tema Hari Keterampilan Pemuda Sedunia 2023 Tema

PBB secara resmi mengumumkan tema Hari Keterampilan Pemuda Sedunia 2023 yaitu “skilling teachers, trainers and youth for a transformative future” atau “meningkatkan keterampilan guru, pelatih, dan pemuda untuk masa depan yang transformatif”.

Mengutip laman resmi PBB, tema ini menyoroti peran penting yang dimainkan para guru, pelatih, dan pendidik lainnya dalam memberikan keterampilan kepada kaum muda untuk bertransisi ke pasar tenaga kerja dan untuk secara aktif terlibat dalam komunitas dan masyarakat.

Baca juga: Kapolres Berau Beri Penghargaan Enam Bhabinkamtibmas dan Warga

Kemajuan teknologi dan dinamika pasar tenaga kerja yang terus berubah semakin menuntut keahlian yang gesit dan mudah beradaptasi.

Sehingga, sangat penting untuk memberdayakan kaum muda agar dapat menavigasi perubahan ini secara efektif.

Pendidikan dan pelatihan teknis dan kejuruan (TVET) berada pada posisi yang tepat untuk memenuhi tuntutan ini dengan mengurangi hambatan akses ke dunia kerja, memastikan bahwa keterampilan yang diperoleh relevan, diakui dan disertifikasi.

Kemudian, langkah lain yang dapat dilakukan adalah mempromosikan keterampilan dan praktik-praktik ramah lingkungan, serta menawarkan peluang pengembangan keterampilan bagi kaum muda yang tidak berada di dunia pendidikan, pekerjaan, dan pelatihan.

Baca juga: Gulung PSS Sleman, Barito Putera Nangkring di Puncak Klasemen Sementara   

Pada Hari Keterampilan Pemuda Sedunia 2023, PBB mengajak semua kalangan untuk bersatu mengakui potensi kaum muda sebagai katalisator perubahan dan berkomitmen untuk memberikan mereka keterampilan dan peluang yang mereka butuhkan untuk membangun dunia yang sejahtera dan berkelanjutan bagi semua. (Kanalkalimantan.com/kk)

Editor : kk


iklan " />

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->