1.300 KPM di Banjar Segera Terima Kartu Keluarga Sejahtera - Kanal Kalimantan
Connect with us

Pemkab Banjar

1.300 KPM di Banjar Segera Terima Kartu Keluarga Sejahtera

Diterbitkan

pada

Pembagian KKS yang dilakukan Pemkab Banjar Foto : rendy

MARTAPURA, Sebanyak 1.300 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) yang sebelumnya tidak mendapatkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), kini sudah tertangani. Hal ini disampaikan Kabid Perlindungan Jaminan Sosial, Dinas Sosial Kabupaten Banjar, Adi Kesuma Wijaya, Jumat (7/9). Pada pembagian PKH tahap tiga akan datang, seluruh KPM sudah memiliki kartu KKS.

Sebelumnya 1.300 KPM tersebut tak mendapatkan KKS karena adanya human error dalam pemasukan data. Mengingat sedikit saja penulisan nama atau tempat alamat yang tidak sesuai maka tidak bisa terbaca oleh sistem.

“Memang kemarin itu ada warga kami yang belum menerima kartu. Saat ini itu sudah diselesaikan. Alhamdulillah sudah dikirimkan langsung dari yang menangani yakni Bank BRI,” katanya.

Ia pun mengatakan pada beberapa lokasi yang jarak tempuh jauh dan tidak ada jaringan, maka pihak bank menjemput bola untuk menyerahkan dana PKH yang dicairkan melalui Bank BRI. Di antaranya pada wilayah Paramasan, Kabupaten Banjar.

Adi mengatakan, kendala yang dihadapi saat ini juga merupakan permasalahan pada sejumlah kabupaten. Namun khusus Kabupaten Banjar, kendala kurangnya kartu tersebut sudah ditangani.

Sebelumnya, disebutkan banyak KPM dalam PKH belum mendapatkan KKS karena sejumlah alasan. Mulai belum memiliki kartu, hingga ada yang memiliki kartu namun tidak ada saldo. Sebab sebagaimana diketahui, kartu KKS untuk PKH sekaligus kartu debit dari bank penyedia yang telah bekerjasama dengan pemerintah pusat.

Adi pun sudah melaporkan hal tersebut ke kementrian sosial. Sebagaimana diketahui oleh Adi, kendala yang menimpa Kabupaten Banjar kali ini juga dialami oleh kabupaten lain. Ia mengatakan beberapa daerah juga mengalami permasalahan serupa. Terlebih PKH merupakan program nasional.

Tentunya, masyarakat yang belum mendapatkan PKH itu pun sudah mengetahui alasan tersebut. Diterangkan olehnya pendamping PKH sudah memberikan pemahaman dan pemberitahuan kenapa uang PKH belum keluar. (rendy)

Reporter : Rendy
Editor : Chell

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan