Wujudkan HSU Mantap Melalui Seminar Sinergitas Data dan Teknologi - Kanal Kalimantan
Connect with us

Kab. HSU

Wujudkan HSU Mantap Melalui Seminar Sinergitas Data dan Teknologi

Diterbitkan

pada

Seminar sinergitas data dan teknologi oleh BPS HSU Foto : dew

AMUNTAI, Badan Pusat Statistik (BPS) HSU menggelar Seminar Sinergitas Data dan Teknologi untuk Mewujudkan Kabupaten HSU yang Mantap dengan Berlandaskan pada Kearifan Lokal dalam Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0 di Aula Stiper Amuntai, Selasa (16/10).

Sosialisasi kali ini dihadiri Bank Kalsel, Bank Kalsel Syariah, BEM STIA, BPS Balangan, BPS HSU, KAVR, Stiper, Dinas Kominfo, Dukcapil, STIQ, STIA, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, BPS HST, Bapelitbang,Dinas Ketahanan Pangan, BPS HSS, IAF Ahli, dan Dinas PMD.

Bupati HSU diwakili H Syahrul Rahmadi, selaku Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Pemda HSU dalam sambutannya menuturkan, disamping sebagai sarana sosialisasi, kegiatan ini juga dalam rangka memberikan informasi dan pemahaman kepada jajaran SKPD, stakeholder, dan masyarakat secara umum tentang peran penting sinergitas data dan teknologi.

Lebih lanjut Syahrul menerangkan, HSU merupakan kabupaten yang potensial di sektor pertanian, perdagangan, dan industri pengolahan. Menurut data BPS, lima besar sektor penyumbang PDRB HSU pada tahun 2017 adalah sektor pertanian sebesar 17,32%, perdaganga besar dan eceran 14,27%, administrasi pemerintahan 12,40%, industri pengolahan 10,43%, dan konstrujsi 10,40%. Data ini menggambarkan betapa kaya potensi di Kabupaten HSU, hal ini menjadi tantangan untuk terus mengembangkan potensi ekonomi tersebut.

Di era revolusi industri dan perkembangannya, memacu setiap daerah agar mandiri dalam melakukan pembangunan. Hal ini berdampak pada kebutuhan informasi dan data statistik yang akurat sebagai dasar penelitian dan perumusan kebijakan disetiap sektor pembangunan tidak terkecuali Kabupaten HSU.

“Harapan kami, sebagai langkah kemajuan, melalui forum seminar ini kita bersama-sama di waktu mendatang dapat melakukan penyempurnaan dalam hal data yang berkualitas dan penyajiannya semakin baik sebagai salah satu ucuan untuk evaluasi,” pungkasnya.

Hal serupa juga diungkapkan dosen Politeknik Statistika STIS Agung Priyo Utomo yang mengharapkan semboyan HSU mantap benar-benar akan terwujud. Dimana memasuki era revolusi industri ditandai dengan dominasi internet penggunaan gadget yang dilengkapi internet sangat membantu aktifitas kita sehari-hari. (dew)

Reporter : Dew
Editor : Chell

Bagikan berita ini!
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan