Wacanakan Area dan Gedung Baru, Gubernur Sahbirin Paparkan Pencapaiannya! - Kanal Kalimantan
Connect with us

Kota Banjarbaru

Wacanakan Area dan Gedung Baru, Gubernur Sahbirin Paparkan Pencapaiannya!

Diterbitkan

pada

Gubernur Sahbirin akan mencarikan lokasi lebih luas untuk terselenggaranya Kalsel Expo berikutnya Foto: rico

BANJARBARU, Pada pembukaan Kalsel Ekspo 2018 di Lapangan Murjani, Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalsel H Birhasani sekaligus Ketua Pantia mengungkapkan banyaknya peminat yang ingin ikut berpartispasi dalam Kalsel Ekspo tiap tahunnya. Rupanya hal ini langsung direspon Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, yang akan menyediakan lahan lebih baik lagi.

“Tadi saya dengar laporan dari panitia bahwa peminat peserta pameran ini membeludak. Sedangkan sebenarnya ingin menampung siapa saja yang ingin berpartisipasi dalam Kalsel Expo ini, namun ruang publik kita tidak mencukupi.” ungkapnya

Gubernur Kalsel yang akrab disapa Paman Birin ini menjelaskan bahwa dirinya telah meminta kepada pihak Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) untuk membuka ruang publik seperti di Lapangan Murjani namun lebih luas lagi.

Selain wacana lahan publik yang luas, Gubernur Kalsel juga memberikan harapan bahwa akan dibangunnya satu gedung atau area yang bisa digunakan generasi muda untuk berekspresi sesudah menyaksikan Tarian Dayak Khas Kalimantan Selatan.

“Ini budaya, kita ingin anak muda menyalurkan ekspresinya oleh karena itu kita ingin membuat satu gedung atau area seperti taman Ismail Marzuki di Jakarta dan kita pengen tempat seperti itu di Banjarbaru. Jadi budaya yang ingin kita tampilkan dapat tempat yang layak ditonton dan layak disajikan,” ungkapnya

Perekonomian Kalsel diungkapkan Gubernur mengalami perkembangan selama kepemimpinannya bersama Wakilnya Rudy Resnawan. Dari 3,84% pada tahun 2015 menjadi 4,38% Pada Tahun 2016. Kemudian pada tahun 2017 pertumbuhan ekonomi juga meningkat dari 5,29% dan diyakinkan akan terus bertambah pada tahun 2018.

Disisi lain nilai Ekspor Kalimantan Selatan Juga mengalami peningkatan dari 6,2 Miliar USD pada tahun 2016 menjadi 8,1 juta USD pada tahun 2018, bahkan data Ekspor hingga Bulan Juni 2018 yang lalu sudah mencapai  4,5 USD padahal pada tahun 2017 hanya 3,7 USD.

“Inflasi juga dapat kita kendalikan dengan baik hal ini mencerminkan perekonomian masih bergerak maju” bebernya.

Namun semua itu belum dapat disandingkan dengan kesejahteraan rakyat Kalimantan Selatan. Menurutnya masih banyak hal yang dikerjakan dan diselesaikan. Beberapa pencapaian lewat penghargaan juga berhasil diraih. Hal itu diungkapkan saat dirinya tiba di Bandara Syamsudin Noor setelah pulang dari melaksanakan Ibadah Haji.

“ Yang terakhir kemarin sebelum saya berangkat ibadah haji, juga menerima  perhargaan Satya Lencana yang diterimakan oleh Bapak Presiden.  Begitu datang Haji kemarin ada lagi yang penghargaan yang didapat Pemerintah Prov Kalsel dan katanya satu-satunya penghargaan yang didapat diantara semua provinsi yaitu Kalimantan Selatan” pungkasnya. (rico)

Reporter: Rico
Editor: Chell

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan