Connect with us

Kabupaten Banjar

Wabup: Pelayanan dan Perlindungan Warga Miskin harus Cepat

Diterbitkan

pada

Wakil Bupati Banjar H Saidi Mansyur di kegiatan Bimtek SLRT dan Puskesos. Foto: Rudiyanto

MARTAPURA, Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Banjar berkerjasama dengan Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Pelayanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) dan Puskesos 2017, Rabu (11/10).

Wakil Bupati Banjar H Saidi Mansyur hadir dan membuka kegiatan yang dilaksanakan di Aula Barakat, Kantor Setda Banjar ini. Dalam sambutannya H Saidi Mansyur  menyampaikan, SLRT dan Puskesos sebagai perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan perlu dikembangkan untuk memastikan masyarakat miskin atau rentan mendapatkan akses perlindungan dan pelayanan sosial lebih cepat serta menyeluruh.

Dengan diselenggarakannya bimtek, H Saidi Mansyur berharap, kedepannya dapat meningkatkan kualitas pelaksanaan, akselerasi pengembangan dan penumbuhan SLRT dan Puskesos sebagai tempat pengaduan layanan dan program perlindungan sosial serta sebagai pusat pelaksanaan pelayanan dan rujukan terpadu baik di kabupaten maupun desa atau kelurahan.

“Mudah-mudahan kegiatan ini berjalan dengan baik dan lacar, serta kita semua dapat memperoleh manfaat dan bisa mengemban fungsi utama SLRT dan Puskesos yakni dapat mengelola data penduduk miskin dan rentan, penanganan pengaduan masyarakat di berbagai program perlindungan sosial dan rujukan layanan sosial dari masyarakat,” uangkap H Saidi.

Luluk Sugianto, Kepala Seksi (Kasi) Pekerja Sosial pada Direktorat Pemberdayaan Sosial menyampaikan, LRT dan Puskesos merupakan alat. Sebaik apapun sebuah alat atau instrumen, jika orang yang mengendalikannya tidak cakap dan tidak profesional, tidak akan berdampak apa-apa. Untuk, itu kegiatan Bimtek SLRT dan Puskesos ini sangat penting artinya sebagai mata rantai penyelenggaraan SLRT dan Puskesos.

“Saya berharap kegiatan ini diikuti dengan baik dan sungguh-sungguh, materi diterima dengan kritis, tanya sekiranya belum paham, jangan malu bertanya dan berdiskusi, sehingga benar-benar menjadi pelaksana penyelenggaraan SLRT dan Puskesos yang handal dan profesional,” kata Luluk.

Hadir dalam acara tersebut Asisten 1 bidang  Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Zainuddin, Asisten 2 bidang Perekonomian dan Pembangunan  I Gusti Nyoman Yudiana, jajaran Direktorat Pemberdayaan Sosial, beberapa Kepala SKPD lingkup Kabupaten Banjar. (rudiyanto)

Advertisement
Komentar

Headline

Trending