Connect with us

Kabupaten Banjar

VIRAL. Voice Note Info Bendungan Riam Kanan Mau Dibuka, Ini Kata Manager ULPTA

Diterbitkan

pada

Rekaman voice note berisi informasi bendungan Riam Kanan akan dibuka, dibantah Manager ULPTA Gunung Bamega, Muhammad Arsyad. Foto: ist

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA – Beredarnya sebuah rekaman suara voice note di beberapa grup WhatsApp berdurasi 1.04 menit yang isinya meminta masyarakat Martapura dan Gambut untuk siaga terkait kemungkinan waduk Riam Kanan akan dibuka.

“Waduk Riam kanan mau dibuka, jadi kita persiapan harus siaga, karena yang terdampak itu wilayah Martapura dan Gambut sampai ke bawahnya karena bendungan tidak dapat menampung lagi,” ujar isi rekaman suara itu.

Sontak saja kabar tersebut langsung menjadi heboh, dan membuat sebagian orang panik. Sebab saat ini debit air sudah merendam rumah-rumah warga yang ada di wilayah Martapura.

Managemen PLTA Riam Kanan melalui Manager ULPTA Gunung Bamega, Muhammad Arsyad, menegaskan kalau kabar tersebut tidak benar. “Itu tidak benar, keadaan bendungan atau Waduk Riam Kanan saat ini masih dalam keadaan aman terkendali,” ucap nya saat dikonfirmasi kanalklimantan.com, Rabu (13/1/2021) malam.



Dia juga menjelaskan, memang beberapa hari terakhir intensitas curah hujan pada umumnya di wilayah Kalimantan Selatan cukup tinggi,” Kondisi ini memang membuat Duga Muka Air (DMA) yang ada di waduk meningkat sehingga air pada pintu Emergency Spillway berfungsi sesuai peruntukkannya,” bebernya.

Sementara Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Banjar, Drs HM Irwan Kumar, juga menegaskan, kabar voice note (pesan suara) itu bukan dari tim BPBD Kabupaten Banjar.

“Jadi saya tegaskan yang membuat informasi itu bukan dari kita. Dan untuk info terbarunya laporan KIT PLTA Pada 13 Januari 2021 Pukul 19.00 WITA DMA pagi ini : 60,385 Mtr DMA Sekarang : 60,575 Mtr Cuaca gerimis. Jadi saat ini statusnya masih waspada,” ungkapnya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat jangan langsung percaya dengan informasi yang beredar, cari keberannya terlebih dahulu jangan langsung menelan mentah mentah jika sumber informasi tersebut tidak jelas. (kanalkalimantan.com/wahyu)

 

Reporter : Wahyu
Editor : Cell

 

 


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->