Connect with us

Pilkada Banjarbaru

UPDATE. Aditya-Wartono Tak Terkejar, Selisih Dukungan Capai Lebih 2.000 Suara

Diterbitkan

pada

Hasil rekap KPU semakin menunjukkan posisi Aditya-Wartono tak terkejar Foto: rico

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Paslon nomor urut 2 Aditya Mufti Ariffin – Wartono masih betah di posisi puncak perolehan dukungan suara kontestasi Pilkada Banjarbaru, berdasarkan quick count sementara melalui metode rekapitulasi elektronik (e-rekap) milik KPU.

Data data Sabtu (12/12/2020) pukul 08.25 WIB, duet Aditya – Wartono unggul dengan raihan 13.298, suara atau 38,6 persen.

Disusul paslon nomor urut 3 Haji Martinus – Darmawan Jaya Setiawan, dengan torehan suara sebanyak 10.763 suara atau 31,2 persen.

Sementara di posisi buncit, paslon nomor urut 1 Gusti Iskandar Sukma Almasyah – AR Iwansyah yang memperoleh dukungan sebanyak 10.398 suara atau 30,2 persen.



 

Penghitungan ini berdasarkan rekapitulasi surat suara di 181 TPS dari total 556 yang ada di kota Banjarbaru. Jika dipersentasikan, artinya kini progres penghitungan suara telah berjalan 32,55 persen.

Dari perolehan suara sementara itu, duet Aditya – Wartono memenangkan dukungan suara di 4 kecamatan, dari 5 Kecamatan yang ada di wilayah Banjarbaru. Yakni, Kecamatan Cempaka, Landasan Ulin, Banjarbaru Selatan, dan Liang Anggang.

Sedangkan untuk di Kecamatan Banjarbaru Utara dikuasai basis pendukung duet Haji Martinus – Darmawan Jaya Setiawan.

Penghitungan dari laman resmi yang dikelola KPU ini merupakan sistem yang disebut Sirekap. Dipakai sebagai alat bantu dalam proses rekapitulasi hasil perolehan suara yang dilakukan berjenjang dari tingkat TPS, PPS, PPK, dan KPU Kabupaten/Kota.

Namun perlu digaris bawahi, hasil rekapitulasi dalam Sirekap tidak menjadi dasar penentuan Hasil Pilkada 2020 atau pemenang pemilihan. Penentuan pemenang Pilkada 2020 tetap didasarkan pada hasil rekapitulasi yang dilakukan secara berjenjang dan manual. (Kanalkalimantan.com/rico)

Reporter : Rico
Editor : Cell


iklan

Disarankan Untuk Anda

<<

Paling Banyak Dibaca

-->