Connect with us

Pendidikan

Uniska Wisuda 1.360 Sarjana Siap Bersaing di Era Revolusi Industri 4.0

Diterbitkan

pada

Uniska mewisuda 1.360 sarjana S1 dan S2 di gedung Sultan Suriansyah Foto: tribun

BANJARMASIN, Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari mewisuda 1.360 sarjana baru yang digelar di Gedung Sultan Suriansyah, Banjarmasin, Kamis (20/12). Mereka diharapkan menjadi aset Kalsel dalam menyambut era persaingan revolusi industri 4.0.

Rektor Uniska Abdul Malik dalam sambutannya dihadapan civitas akademika mengatakan, salah satu konsens yang disiapkan dalam menyambut era revolusi industri 4.0 adalah menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki integritas, kemampuan, dan kompetensi. Menginggat saat ini, dunia telah memasuki gerak yang lebih cepat dan menekankan pada pola digital, kecerdasan buatan, hingga big data.

“Uniska sudah bersiap memasuki era revolusi industri dengan menyesuaikan kurikulum pembelajaran dengan perkembangan zaman. Ada tiga kunci utama yang patut dikuasai untuk mampu bersaing dalam revolusi industri 4.0, yakni menguasai literasi data, literasi teknologi, dan literasi konektivitas,” jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor yang juga menghadiri acara tersebut mengatakan, Uniska sudah memantapkan langkah untuk melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing dengan landasan iman dan takwa. “Pembangunan sumber daya manusia menjadi prioritas utama kebijakan pemerintah selain pembangunan fisik,” ungkapnya.



Memasuki revolusi industri 4.0 ini Gubernur Banua ini mengingatkan agar kaum muda harus melek teknologi sehingga mampu memiliki daya saing. Karena tak bisa dibantah lagi, revolusi 4.0 tidak bisa kita hindari melainkan kita hadapi.

“Saya harapkan wisudawan ini nantinya bisa mengaplikasikan ilmunya di dalam kehidupan sehari-hari sehingga bisa berguna bagi diri sendiri maupun sekitar,” harapnya.

Ditambahkannya pula, setiap lulusan jangan hanya mengincar profesi Apratur Sipil Negara (ASN) saja. Hal ini dikarenakan selain banyaknya lulusan yang bersaing menjadi ASN di sisi lain lulusan muda harusnya bisa lebih kreatif dan inovatif dalam mencari peluang kerja atau bahkan mampu menciptakan lapangan kerja itu sendiri. “Semuanya asal ada kemauan, pasti akan ada kemampuan” tutupnya.(mario)

Reporter: Mario
Editor: Chell


iklan

Disarankan Untuk Anda

<

Paling Banyak Dibaca

-->