Connect with us

Kota Banjarbaru

UNBK Perdana Lancar, SMAN 2 Banjarbaru Aman dari Server Down!

Diterbitkan

pada

Pelaksanaan UNBK di SMAN 2 Banjarbaru Foto: rico

BANJARBARU, Siswa-siswi SMAN 2 Banjarbaru menjalani Ujian Nasional Berbasis Kompoter (UNBK) yang digelar serentak, Senin (1/4). Palaksanaan ujian di hari peryama ini berlangsung lancar.

Sebelumnya sempat ada kekhawatiran siswa, orangtua, maupun guru akan terjadinya server down ataupun gangguan listrik. Namun, Kepala Sekolah SMAN 2 Banjarbaru, Eksan Wasesa mengatakan hingga sesi dua pelaksanaan UNBK, tidak ada gangguan teknis. “Hingga sesi kedua, sejauh ini tidak ada kendala baik itu teknis maupun non teknis. Kita juga selalu koordinasi dengan pihak PLN serta Telkom,” ujarnya.

UNBK dibagi menjadi tiga sesi yakni sesi pertama; 07.30-09.30 Wita, Sesi Kedua; 10.30-12.30 Wita dan Sesi ketiga; 13.30-15.30 Wita. Setiap sesi diberi waktu satu jam untuk berlanjut sesi berikutnya yang mana satu jam tersebut digunakan untuk istirahat maupun kembali belajar.

Khusus di SMAN 2 Banjarbaru ada sebanyak 301 siswa yang mengikuti UNBK. Seluruhnya  dibagi dalam tiga ruangan yang telah disiapkan dengan kapasitas satu ruangannya sebanyak 33 hingga 34 kursi. Meskipun belum adanya ditemukan kendala, Ehsan menegaskan pihaknya akan terus memantau dan siaga selama UNBK beberapa hari kedepan. “Kita akan terus berjaga-jaga dan kita telah siapkan khusus tim IT sebanyak tiga orang,” pungkasnya.



Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) pun telah mengeluarkan surat edaran Prosedur Operasional Standar (POS) penyelenggaran Ujian Nasional. Di dalamnya, BSNP mengatur pula mengenai tata tertib Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Termasuk, BSNP membagi beberapa kategori pelanggaran dan sanksi yang akan diberikan bila peserta UNBK melakukan pelanggaran. Dikutip dari POS Pelaksanaan UNBK 2019 ada tiga level pelanggaran, mulai ringan, sedang, hingga berat. Pelanggaran terberat yang dilakukan peserta ujian dapat dikenakan sanksi dikeluarkan dari ruang ujian dan dinyatakan mendapat nilai 0 (nol) untuk mata pelajaran bersangkutan oleh ketua panitia tingkat satuan pendidikan.(rico)

Reporter:Rico
Editor:Cell


iklan

Disarankan Untuk Anda

<<

Paling Banyak Dibaca

-->