Connect with us

Kabupaten Tanah Bumbu

UMKM Mantewe Pamerkan Produk Olahan Unggulan Desa

Diterbitkan

pada

Pameran produk UMKM yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan (Dispersip) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Kamis (4/8/2022). Foto: ftr

KANALKALIMANTAN.COM, BATULICIN – Pemkab Tanbu mendorong daya guna pemenuhan kesejahteraan masyarakat, melalui berbagai bantuan dan fasilitas pengembangan UMKM.

UMKM Mantewe menjadi salah satu usaha masyarakat yang ikut berpartisipasi pada kegiatan pameran produk UMKM yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan (Dispersip) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Kamis (4/8/2022).

Tingginya persaingan pasar global kini hingga terbilang semakin naiknya kebutuhan masyarakat, tetap tidak menyurutkan langkah dan semangat para pelaku usaha UMKM, dalam membangun ekonomi kreatif produktif dari berbagai ketekunan usaha dan keterampilan yang bisa diolah masyarakat di daerah.

Rina dari BPP (Badan Penyuluh Pertanian) Mantewe, fasilitator program YESS juga sebagai Ketua UMKM Mantewe, menyampaikan bahwa kegiatan pameran produk UMKM yang diselenggarakan Dispersip Tanbu berbasis inklusi sosial memberi kesempatan secara terbuka membuka peluang pengenalan produk-produk unggulan Mantewe.



 

 

Baca juga: Buntut Penembakan Brigadir J, Irjen Ferdy Sambo Dimutasi Bersama Anak Buahnya

“Dari Kecamatan Mantewe, membawa produk berbasis pertanian, melalui para pelaku usaha khususnya para peserta program YESS, yang telah menerima dana bantuan hibah kompetitif untuk pengembangan usahanya,” ujarnya.

Program YESS sendiri, merupakan program pengembangan kewirausahaan dan ketenagakerjaan di sektor pertanian, dari Kementerian Pertanian RI yang bekerjasama dengan Internasional Fund Agricultural Development. Dengan sasaran para pemuda milenial berusia 17-39 tahun.

Bupati Tanbu HM Zairullah Azhar tidak ingin melewatkan event pameran tersebut. Pada kesempatannya, Bupati Tanbu ditemani istri Hj Wahyu Windarti bersama Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas RI Deni Kurniadi sempat singgah di stand UMKM Mantewe untuk menanyakan tentang produk apa saja yang telah dipamerkan.

Kali ini Bupati Zairullah langsung membeli berbagai jajanan kemasan alami, seperti minuman kemasan serbuk wedang jahe alami tanpa gula dan pengawet buatan, olahan buah pisang, kripik sukun, dan lainnya.

Ardiansyah, Kepala Diskominfo SP Tanbu mengungkapkan rasa bangga kepaa pelaku UMKM, terkhusus pada masyarakat Mantewe, dengan kreativitasnya dalam menciptakan produk-produk yang mampu membawa pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Mantewe semakin meningkat. (Kanalkalimantan.com/ftr)

Reporter : ftr
Editor : kk


iklan

Komentar

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->