Connect with us

HEADLINE

Ujian Sekolah Digelar Tatap Muka, Ini yang Dilakukan SDN Mawar 2 Banjarmasin

Diterbitkan

pada

Pelaksanaan ujian sekolah di SDN Mawar 2 Banjarmasin menerapkan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat. Foto: tius
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Hari pertama Ujian Sekolah (US) tingkat Sekolah Dasar (SD) di Kota Banjarmasin dimulai Senin (5/4/2021).

Pelaksanaan ujian sekolah di SDN Mawar 2 Banjarmasin menerapkan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat.

Sejak dari pintu gerbang sekolah, petugas keamanan sekolah sudah melakukan pemeriksan suhu tubuh semua siswa yang hadir.

Siswa kemudian diarahkan mencuci tangan di depan kelas masing-masing, setelah cek suhu tubuh. Semua siswa yang masuk juga mengenakan masker.



Dari informasi yang diperoleh Kanalkalimantan, Ujian Sekolah (US) tingkat SD di Kota Seribu Sungai dimulai dari 5 April 2021 sampai dengan 10 April 2021.

Pelaksanaan US setiap hari hanya mengujikan satu mata pelajaran dengan waktu 90 menit, mulai pukul 08.00 Wita sampai dengan 09.30 Wita.

Kepala Sekolah SDN Mawar 2 Banjarmasin, Wahdini Herawati mengatakan, ujian sekolah yang dilaksanakan hari ini berjalan dengan lancar, dan diikuti seluruh peserta ujian.

“Jumlah siswa kita semuanya sebanyak 65 orang yang terdiri dari 26 laki-laki dan 39 perempuan. Kita bagi atas 6 ruangan berisi 10 orang dan satu ruangan berisi 5 orang,” ujar Herawati.

Ia menilai, antusias murid cukup tinggi dalam pelaksanaan ujian sekolah tersebut, dikarenakan sudah lama siswa tidak melaksanakan pembelajaran secara langsung di sekolah.

“Alhamdulillah mereka senang dengan adanya US tatap muka ini. Anak antusias sekali sebab sudah lama mereka tidak bertemu, meskipun seminggu yang lalu kita sudah menerapkan belajar tatap muka,” jelas Kepsek SDN Mawar 2 Banjarmasin.

Sebelumnya, pihak sekolah telah melaksanakan sosialisasi sebelum pelaksanaan US tatap muka. Ia tak menampik masih ada kekhawatiran dari orangtua siswa, mengingat saat ini masih dalam masa pademi Covid-19.

“Kita sudah undang semua orang tua murid untuk sosialisai. Memang sebelumnya ada kekhawatiran dari mereka, tapi kita jelaskan kepada mereka apa yang harus dipersiapkan, baik dari pihak sekolah maupun orangtua. Terutama masalah protokol kesehatan,” kata kepala sekolah.

Tidak hanya itu, rupanya pihaknya pun ada kekhawatiran akan US tatap muka tersebut. Beruntung Pemerintah Kota Banjarmasin sudah melaksanakan vaksinasi terhadap para guru untuk mendukung penyelenggaraan US tersebut.

“Dari kami guru-guru tentunya pasti ada kekhawatiran juga. Tapi karena ada kebijakan dari penerintah khususnya Dinas Pendidikan (Disdik). Jadi sebelum US dan PTM kemarin, guru-gurunya sudah divaksinasi,” tuturnya.

Disinggung kesiapan Prokes di sekolah, ia mengaku sudah mempersiapkan sejak awal mulai dari pembentukkan Satuan Tugas (Satgas) untuk pengawasan, tempat cuci tangan, ketersediaan masker dan tentunya setelah usai ujian, pihaknya melakukan sterilisasi kelas dengan menyemprotkan disinfektan.

“Ya namanya anak-anak juga kan, tentunya masker pasti ada yang diletakan tidak pada tempatnya lah. Tapi kita sudah membentuk satgas dari sekolah yakni panitia tim gugus tugas SDN Mawar 2 yang terdiri dari 4 guru yang memantau dan mengawasi murid setiap harinya,” pungkasnya. (kanalkalimantan.com/tius)

 

Reporter : Tius
Editor : Bie

 

 

 


  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
iklan

Komentar

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->