Tunggu Kepastian, Lanud Sjamsudin Noor Siapkan Pengamanan RI-1 - Kanal Kalimantan
Connect with us

Kota Banjarbaru

Tunggu Kepastian, Lanud Sjamsudin Noor Siapkan Pengamanan RI-1

Diterbitkan

pada

Berbagai persiapan dilakukan menyambut kedatangan Presiden Jokowi di acara HPS Foto : net

BANJARBARU, Dua hari menjelang gelaran Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-38 yang akan digelar di Desa Jejangkit Barito Kuala dan kota Banjarbaru,  Lanud Sjamsudin Noor belum menerima informasi kepastian kedatangan Presiden Joko Widodo. Meski demikian, pihak Lanud telah melakukan persiapan pengamanan presiden yang dijadwalkan tiba Kamis (18/10).

Jelang puncak HPS  ke-38 di Desa Jejangkit Barito Kuala dan Banjarbaru, berbagai persiapan dilaksanakan oleh lanud Sjamsudin Noor Banjarbaru. Pengamanan Presiden Joko Widodo yang dijadwalkan akan menghadiri puncak HPS sendiri tidak hanya sebatas lingkungan VVIP Lanud Sjamsudin Noor, namun juga di sekitar kawasan Lanud.

Selain itu pihak Lanud juga berkoordinasi dengan instansi terkait di bandara guna kelancaran arus lalu lintas pesawat. Baik pesawat kepresidenan maupun pesawat tamu undangan pada puncak HPS ke-38.

Danlanud Sjamsudin Noor Kolonel (Pnb) Riadi Widyoko menjelaskan, sejumlah pengaman akan dilakukan baik didalam, diluar maupun disamping bandara. Ia mengatakan pengamanan ini bukan pengamanan ekstra dan hanya mengikuti prosedur.

“Kalau ekstra terkesan berlebihan, kesiapan lanud Sjamsudin noor bekerjasama salah satunya dengan bandara Syamsudin Noor dalam hal lalu lintas tamu penting dari landing sampai turun pesawat. Diantaranya pengamanan ring satu sekitar bandara tapi bukan ring dilingkungan VVIP,” ungkapnya

Selain itu nantinya untuk disamping bandara, pengamanan di komplek perumahan, rute lainnya akan ditempatkan dari Satuan Polda Kalsel dan Korem.  Untuk memperlancar arus kedatangan maupun keberangkatan pesawat kepresidenan, pihak Lanud akan merelokasi beberapa helikopter bombing yang fokus dalam penanganan karhutla di Kalimantan Selatan ke apron sisi barat lanud Sjamsudin Noor.

“Rencananya beberapa helikopter tetap di depan VIP, karena memang disini sudah disiapkan. Namun beberapa pesawat yang melaksanakan dalam rangka karhutla nanti sebagian akan kita pindahkan di apron sebelah barat untuk menjaga keamanan pesawat VVIP,” pungkas Danlanud Sjamsudin Noor. (rico)

Reporter : Rico
Editor : Chell

Bagikan berita ini!
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan