Connect with us

Bappedalitbang Banjar

Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi Daerah Melalui Pengembangan Pariwisata, Pemkab Banjar Kerjasama dengan ULM

Diterbitkan

pada

Seminar proposal  penelitian hasil kerjasama dengan Universitas Lambung Mangkurat yang digelar Bappedalitbang Banjar. Foto : Istimewa

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Banjar melalui Bidang Litbang dan Inovasi menggelar seminar proposal  penelitian hasil kerjasama dengan Universitas Lambung Mangkurat, Rabu (18/5/2022).

Kegiatan bertema “Strategi dan Prioritas Pengembangan Pariwisata di Kabupaten Banjar sebagai Pengungkit Pertumbuhan Ekonomi Daerah” itu dipimpin langsung oleh Kabid Litbang dan Inovasi, Santi Nurlaela.

Santi, sapaan akrabnya, menjelaskan pelaksanaan kajian ini bertujuan guna mengetahui Strategi Pengembangan Pariwisata di Kabupaten Banjar dan mengidentifikasi strategi-strategi dalam bentuk policy brief yang dapat dilakukan untuk meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Daerah.

Dia menjelaskan, Kabupaten Banjar banyak memiliki destinasi wisata  yang mana dengan memanfaatkan hal tersebut melalui strategi yang jitu dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat yang pada khususnya ekonomi daerah pada umumnya.



 

Baca juga  : Tingkatkan Kualitas Keamanan Informasi, DKISP Banjar Gelar Bimtek

“Oleh karena itu  diperlukan penelitian atau kajian ini sebagai analisis dalam perbaikan kondisi tersebut”, tambah Santi.

Sementara itu tim peneliti memaparkan kajian yang akan dilakukan, yaitu dengan jenis kajian  penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian diskriptif kuantitatif yang mana populasi dan sampel seluruh  pengunjung objek wisata dan karena N-nya besar (atau fi atas1.000) maka jumlah sampelnya ditentukan oleh tim peneliti sebanyak 150 orang dengan teknik accidental sampling dan dibagi secara proporsional berdasar kategori wisata yang berjumlah lima.

Kategori yang dimaksud, yakni wisata budaya dan sejarah 81 sampel, wisata religi dan ziarah 28 sampel, wisata buatan dan edukasi 6 sampel, wisata alam dan rekreasi 10 sampel, dan wisata kuliner dan agrowisata 25 sampel.

Kegiatan itu dihadiri beberapa instansi terkait di antaranya Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Badan Pusat Statistik Kabupaten Banjar, Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga Dan Pariwisata, Dinas Koperasi, Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan, Bagian Ekonomi Setda Banjar, Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa serta Bappedalitbang Kabupaten Banjar.(kanalkalimantan.com/rls)

Reporter : Rls
Editor:  Dhani


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->