Connect with us

Kota Banjarmasin

Tes Urine, Kepala Lapas dan Rutan Se-Kalsel Negatif Narkoba

Diterbitkan

pada

tes urine serentak yang dilakukan jajaran Kemenkumham Kalsel pada Kepala Lapas. Foto: istimewa

BANJARMASIN, Dalam rangka memutus jaringan narkoba di Rutan, Lapas dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA), seluruh Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Se- Kalimantan Selatan (Kemenkumham)  menjalai tes urine Kalsel, di Aula Kantor Wilayah, Selasa (12/2).

Hal ini dilakukan karena masih adanya indikasi peredaran gelap narkoba yang ditengarai dikendalikan Warga Binaan Pemasyarakatan maupun petugas. Adapun hasil dari Tes Urin tersebut Negatif atau Zero Narkoba yang dilakukan pada acara Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Pemasyarakatan yang diikuti sebanyak 45 (empat puluh lima) orang.

Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel, Ferdinand Siagian dalam sambutannya menyampaikan terkait issu pelanggaran yang dilakukan petugas, ia mengharapkan agar langkah-langkah prime action dalam pemberantasan narkoba tersebut dapat dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab, baik itu pada Minggu Pertama (yang dimulai pertanggal 4 Februari), Minggu Kedua dan seterusnya.

“Target kinerja Divisi Pemasyarakatan adalah Revitalisasi Penyelenggaraan Pemasyarakatan, yaitu dalam rangka untuk optimalisasi dan penguatan penyelenggaraan pemasyarakatan guna mencapai tujuan pidana yaitu melakukan pembinaan agar Warga Binaan Pemasyarakatan tidak mengulang perbuatan hukum dan mendidik mereka agar memiliki keterampilan sosial dan berwirausaha yang didukung dengan situasi aman dan kondusif,” bebernya.

Disamping itu juga, revitalisasi tersebut merupakan salah satu upaya dalam penataan dan pembaharuan manajemen pemasyarakatan sebagai bentuk perlakuan terhadap tahanan, narapidana dan klien, serta perlindungan atas hak kepemilikan terhadap barang bukti. “Sebagaimana yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor 35 Tahun 2018 tentang Revitalisasi Penyelenggaraan Pemasyarakatan,” katanya.(mario)

Reporter:Mario
Editor:Cell

Bagikan berita ini!
  • 3
    Shares