Connect with us

PULPIS

Tenaga Ahli PSD P3MD Pulpis : Perangkat Desa Bisa Pakai Dana Desa

Diterbitkan

pada

Tenaga Ahli PSD Novitalia Arisanti saat turun ke kelompok masyarakat untuk mensosialisasikan gaya hidup sehat. Foto : Sjy

PULANG PISAU, Besarnya kucuran dana desa yang diberikan pemerintah diharapkan tidak hanya mampu mendorong peningkatan Infrastruktur desa saja, namun juga membaiknya kualitas Sumber Daya Manusia. Hal itu di ungkapkan Tenaga Ahli Pelayanan Sosial Dasar (PSD) Kementrian Desa yang bertugas di Pulang Pisau, Novitalia Arisanti,S.Kom.

Menurut Novi, aparatur desa harus juga memperhatikan program-program program yang menyasar kesehatan serta tumbuh kembang keluarga.

“Kesuksesan penggunaan desa tidak hanya di ukur pada banyaknya infrastruktur yang dibangun saja. Namun juga kualitas SDM di dalamnya. Jangan sampai ada ditemukan stunting, gizi buruk atau tingginya angka pernikahan dini dalam satu desa yang punya anggaran besar,” ujarnya.

Untuk mencegah hal tersebut, maka menurutnya program-program pelayanan sosial sudah harus diterapkan oleh aparat desa bagi masyarakatnya. Selama ini kehadiran Pendamping desa (PD) dan pendamping lokal desa (PLD) yang turun dilapangan hadir untuk membantu kades dan perangkatnya dalam menyusun program tersebut, sehingga bisa berimbang.

“Misalnya menghidupkan Posyandu desa, posyandu remaja, memperbanyak penyuluhan bagi ibu hamil, pemberian pendidikan bagi pasangan keluarga. Program tersebut sangat membantu memberikan pemahaman pada masyarakat dan bisa dipraktekkan langsung. Agar bisa terlaksana, desa bisa menganggarkan dengan dana desa. Dasar hukumnya jelas, ada peraturan menteri desa nomor 16 tahun 2018 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2019. Adapun secara tehnis pihak desa bisa saja meminta bantuan dari PD dan PLD untuk mendampingi dalam merumuskan perencanaan tahun 2019,” tutur perempuan yang sebelumnya juga aktif di program Generasi Sehat Cerdas ( GSC) ini. (Sjy)

Reporter : Sjy
Editor : Chell

Bagikan berita ini!
  • 23
    Shares