Tanpa Pernak-pernik Aneh Mahasiswa Baru Uniska Dikenalkan Kehidupan Kampus - Kanal Kalimantan
Connect with us

Kota Banjarmasin

Tanpa Pernak-pernik Aneh Mahasiswa Baru Uniska Dikenalkan Kehidupan Kampus

Diterbitkan

pada

Uniska (Universitas Islam Kalimantan) menggelar panduan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB), Selasa (4/9)-Kamis (6/9), di Gedung Sultan Suriansyah. Foto : mario
Prev1 of 2
Use your ← → (arrow) keys to browse

BANJARMASIN, Selama tiga hari Uniska (Universitas Islam Kalimantan) menggelar panduan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB), Selasa (4/9)-Kamis (6/9), di Gedung Sultan Suriansyah.

PKKMB Uniska diikuti sekitar 4.000 mahasiswa baru, tanpa perploncoan. PKKMB Uniska fokus pada pembagian informasi dan pengetahuan seputar universitas dan dunia kampus.

Hari pertama PKKMB dimulai dengan pengeenalan tentang birokrasi kampus, rektorat, BAAK, pengisian KRS online, dan kebijakan yayasan. Dilanjutkan pada hari kedua dengan mengenalkan organisasi kemahasiswaan baik tingkat universitas dan fakultas.

Hari ketiga, diadakan dialog nasional bersama Menteri Perhubungan RI Sumadi dan Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor.

Presiden Mahasiswa Uniska Khairul Muhyar mengatakan, untuk kegiatan selanjutnya, diambil oleh masing-masing fakultas. Didampingi Wakil Presiden Uniska Mohammad Tohar, PKKMB Uniskan tidak menerapkan kebijakan seperti mahasiswa baru laki-laki yang rambutnya harus dicukur habis, perpeloncoan, dan membawa pernak-pernik ‘aneh’ lainnya. “Kita mementingkan mahasiswa baru berpakaian rapi dan rambut tidak diwarnai,” ujar Khairul kepada Kanal Kalimantan.

 

Pengenalan dunia kampus kepada mahasiswa baru Uniska menghilangkan hal-hal negatif yang terkesan selama ini. “Dipilih Gedung Sultan Suriansyah karena kampus tidak cukup muat menampung mahasiswa baru. Biasanya di Kopertis,” bebernya.

Sebelumnya, PKKMB tahun 2014 berlangsung di Gedung Sultan Suriansyah sebagai tempat pelaksanaan. Kemudian dua tahun berikutnya 2015 dan 2016 kembali diadakan di gedung Kopertis dan tahun 2017 dan 2018 ke Gedung Sultan Suriansyah.

Mahasiswa baru yang mengikuti PKKMB sudah harus berada di tempat kegiatan pukul 06.00 Wita dan pulang pukul 17.00 Wita.

“PKKMB ada sertifikatnya, jadi diwajibkan mahasiswa untuk ikut maksimal 3 hari dan minimal 2 hari. Kalau dia tidak mengikuti minimal 2 hari, maka tidak akan diberikan sertifikat.Sertifikat itu sendiri menjadi salah satu syarat untuk mengajukan skripsi. Jadi wajib ikut PKKMB,” jelas Khairul.

Di luar Gedung Sultan Suriansyah, ada 13 stand Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) untuk perkenalan kepada mahasiswa baru.

Prev1 of 2
Use your ← → (arrow) keys to browse

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan