Connect with us

Haul Sekumpul 14

Syekh dari Sudan Hingga Habaib dari Mekkah Hadir di Sekumpul

Diterbitkan

pada

Syekh El Fatih El Hiber Omer Ahmed asal Sudan datang ke Martapura.

MARTAPURA, Berjarak ribuan kilometer jauhnya, nan jauh di Benua Afrika sana, kekaguman akan seorang Al’alimul Allamah Al’arif Billah Assyekh Muhammad Zaini bin Abdul Ghani membuat seorang ulama asal Afrika hadir ke Haul Shohibul Sekumpul.

Ya, seorang ulama asal Sudan bernama Syekh El Fatih El Hiber Omer Ahmed datang ke Martapura, untuk hadiri Haul Abah Guru Sekumpul ke-14.

Kedatangan Syekh El Fatih diketahui dari foto yang ditunjukkan akun Facebook Rusdiannoor.

Dalam postingannya, Rusdiannoor menyebut, Syekh El Fatih sebelumnya tidak pernah datang ke Indonesia, dan sama sekali tidak mengetahui Sekumpul. Hanya dari melihat tayangan video rekaman di Youtube majelis yang dipimpin Abah Guru Sekumpul semasa masih hidup, ulama itu berniat hadir meski menempuh perjalanan jauh.

“Bisa dibayangkan berapa jauhnya, berapa ongkosnya, berapa besar pengorbanan meninggalkan kerabat, berapa besar keberanian beliau ke negeri tidak dikenal, dan berapa besar Mahabbah beliau? Kita… Jauuuuuh,” tulis Rusdiannoor di akun facebooknya.

Akun FB Rusdiannor memposting foto ulama Sudan itu ketika berziarah ke makam Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari di desa Kelampayan, Kabupaten Banjar, postingan itu dilengkapi dengan foto paspor ulama tersebut.

Bukan hanya ulama dari Sudan, Afrika sana, Habib Ahmad bin Abdullah Al Habsyi juga sudah tiba di Martapura hadiri Haul Abah Guru Sekumpul 9-10 Maret ini. Cucu dari Habib Abu Bakar Atthos Al Habsyi tersebut sudah tiba di Martapura, Jumat (8/3) kemarin.

Sekitar pukul 16.12 Wita, Habib Ahmad tiba di Bandara Syamsuddin Noor Banjarbaru. Informasi diketahui setelah akun facebook Pembakal Kelayan mengunggah foto dirinya bersama Habib Ahmad bin Abdullah Al Habsyi. Habib Ahmad bukan yang pertama kalinya datang ke Sekumpul. Sebelumnya, beliau sudah pernah hadir di majelis haul Abah Guru Sekumpul bersama Habib Abdullah bin Umar Al Habsyi (Munsyid di Majelis Habib Umar Al Jaelani, Makkah).

Habib Ahmad Al Habsyi adalah anak ulama Mekkah, yakni Habib Abdullah Al Habsyi, dan cucu dari seorang aulia besar bernama Habib Abu Bakar Atthos Al Habsyi, pengarang kitab Tadzkirunnas dan Tazdkirul Mustafa.

Habib Ahmad bin Abdullah Al Habsyi saat tiba di bandara Syamsudin Noor Banjarbaru. Foto : facebook

Sekadar diketahui, Habib Abu Bakar Atthos Al Habsyi sebagaimana yang diceritakan KH Ahmad Bakeri (Gambut) adalah seorang wali qutb di masanya. Hal itu diketahui Guru Bakeri dari penuturan Syekh Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau Abah Guru Sekumpul.

Kedatangan Habib Ahmad selain menghadiri haul, tentu saja membina silaturahmi yang sudah terjalin sejak sang ayah, Habib Abdullah (diperintahkan Habib Abu Bakar Atthos Al Habsyi) datang bertamu ke Sekumpul. (bie)

Reporter:Bie
Editor:Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
  • 4
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    4
    Shares
Advertisement