Sinetron “Si Doel Anak Sekolahan” Jadi Tesis di Universitas Leiden - Kanal Kalimantan
Connect with us

Film

Sinetron “Si Doel Anak Sekolahan” Jadi Tesis di Universitas Leiden

Si Doel The Movie Diserbu Penonton

Bagikan berita ini!
  • 4
    Shares

Diterbitkan

pada

Si Doel The Movie Foto : net

Penayangan perdana film Si Doel The Movie yang berlangsung pada Kamis (2/8), membuat banyak orang bernostalgia akan kenangan dari tiap episode sinetron Si Doel Anak Sekolahan. Sinetron yang tayang sejak 12 Maret 1994 ini mengantongi rating 8,1 berdasarkan penilaian dari situs web IMDb. Rating tersebut terbilang sangat tinggi untuk TV series lokal. Total selama penayangannya sinetron Si Doel Anak Sekolahan sudah mengoleksi 162 episode dengan jumlah musim sebanyak tujuh. Jumlah ini terbilang cukup banyak untuk sinetron Indonesia, bahkan sampai saat ini. Melihat ke belakang, film “Si Doel Anak Betawi” yang tayang pada 1972, juga tak kalah pamor. Film yang dibintangi Rano Karno dan Benyamin Sueb ini mendapat rating 7.6 berdasarkan penilaian IMDb.

Karakter dari masing-masing tokoh pemeran dalam Si Doel Anak Sekolahan yang begitu kuat dan fenomenal membuat Klarijn Loven mengangkatnya sebagai tesis untuk Universitas Leiden, Belanda dengan judul “Si Doel and Beyond: Discourse on Indonesian Television in the 1990s”. Tesis tersebut akhirnya dijadikan sebuah buku dengan judul “Watching Si Doel: Television, Language, and Cultural Identity in Contemporary Indonesia” yang diterbitkan oleh KITLV Press pada tahun 2008. Menurut Klarijn Loven dalam bukunya, penerimaan pemirsa yang begitu luas dikarenakan keunikan aspek kebahasaannya. Dalam buku tersebut juga mengungkapkan bahwa Si Doel Anak Sekolahan digandrungi tak hanya di dalam negeri saja, tetapi juga di kalangan tenaga kerja Indonesia.

Melihat antusiasmasyarakat yang begitu besar terhadap film Si Doel The Movie, sutradara dan pemeran tokoh Si Doel, Rano Karno mengaku merasa lega. “Alhamdulillah, saya juga sudah mendengar kabar kalau tiket film Si Doel The Movie di banyak bioskop sold out , kami semua merasa lega. Karena sebenarnya beberapa hari ini kami ngerasa deg-degan ya,menjelang waktu tayang,” kata Rano.

“Namun, kini terasa lega. Bahkan, ada salah satu bioskop di Slipi hari ini dari awalnya hanya main di satu studio, jadi ditayangkan di tiga studio. Kami sangat berbahagia dan ini luar biasa sekali bagi kami,” lanjutnya. Untuk masalah jumlah penonton yang diprediksi akan melebihi akan 100.000 pada hari pertama, Rano tidak mau merincinya. “Untuk jumlah saya enggak paham ya. Apalagi saya kan sudah lama sekali meninggalkan dunia perfilman. Namun, kalau saya lihat secara kasarnya saja, mudah-mudahan ini sebagai indikasi bahwa film ini lagi mengarah ke box office ya, mudah-mudahan saja. Mohon doa dan dukungannya,” ungkapnya. Rano pun mengucapkan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya pada semua penggemar film Si Doel dan masyarakat Indonesia, yang sudah menonton film Si Doel The Movie. “Tidak ada yang bisa kami sampaikan kepada penonton film Si Doel hari ini, kecuali terima kasih yang tak terhingga. Karena, anda sudah memberikan kami kesempatan berkarya selama 26 tahun ini dan membuat kami kembali bisa berkerja. Ini sesuatu yang sangat berharga bagi kami,” tutup Rano. (bie/net)

Reporter: Bie/net
Editor: Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
  • 4
    Shares