Semua Dinkes se-Kalsel Diminta Waspada dan Siap Siaga Campak Rubella - Kanal Kalimantan
Connect with us

Kesehatan

Semua Dinkes se-Kalsel Diminta Waspada dan Siap Siaga Campak Rubella

Diterbitkan

pada

Campak Rubella. Foto : net

BANJARBARU, Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selantan mengeluarkan surat edaran kewaspadaan dan kesiapsiagaan penyakit campak dan rubella ke seluruh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten/Kota se-Kalsel.

Kadinkes Kalsel  Dr H Muhammad Muslim SPd Mkes dalam surat edaran tertanggal 10 September 2018 meminta, ada upaya meningkatkan pemantauan wilayah dalam upaya deteksi dini pencegahan dan pengendalian penyakit Campak dan Rubella pada kabupeten/kota. “Meningkatkan kelengkapan dan ketetapan serta melakukan verifikasi sinyal pada laporan Sistem Kewaspadaan Dini dan Respon (SKDR) kejadian luar biasa,” ujarnya.

Bila menemukan kasus campak rubella, segera melakukan pelacakan kasus campak dan rubella pada daerah dan melakukan kegiatan penyelidikan epidemiologi dan penanggulangan KLB.

“Apabila ada ditemukan kasus paling lambat 1×24 jam sejak terindentifikasi adanya KLB atau dugaan KLB dan segera melaporkan hasil kegiatannya kepada Dinas Kesehatan Provinsi,” tegasnya.

Seluruh Dinkes Kabupaten/Kota melaporkan kepada Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel adanya penderita atau tersangka penderita penyakit campak dan rubella selambat-lambatnya 24 jam sejak menerima laporan awal kasus dari Fasilits Layanan Kesehatan.

“Melakukan booster pada daerah tersebut diatas sesuai dengan insiden umur kasus campak dan rubella,” sebutnya.

Langkah berikutnya, yakni mengaktifkan tim gerak cepat dalam upaya penanggulangan kejadian luar biasa penyakit campak dan rubella sesuai dengan standart operasional prosedur yang berlaku.

“Melakukan komunikasi risiko kepada masyarakat termasuk lingkungan sekolah tentang penyakit campak dan rubella serta pencegahannya,” pinta Kadinkes Kalsel.

Meningkatkan surveilans aktif Rumah Sakit untuk menemukan kasus yang dirawat di Rumah Sakit dan melaporkan kepada Dinas Kesehatan apabila ditemukan kasus.

Terkahir adalah meningkatkan cakupan imunisasi campak dan rubella di atas 95% pada wilayah tersebut. (rico)

Reporter : Rico
Editor : Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
  • 2
    Shares
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan