Connect with us

Kab. HSU

Sebanyak 24 Desa di HSU Gelar Pemilihan Kades Serentak

Diterbitkan

pada

Proses Pilkada Serentak di HSU Foto: dew

AMUNTAI, Di penghujung 2018, sebanyak 24 desa di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menggelar pemilihan kepala desa serentak di 10 kecamatan berbeda, Rabu (21/11). Warga pun antusias mengikuti jalannya proses pemilihan kades kali ini.

Acara ini merupakan salah satu langkah untuk kemajuan pembangunan desa ke depannya di tengah program APBDes di tiap desa. Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Rijali Hadi SSTP, MAP menuturkan, untuk Kabupaten HSU ada 24 desa yang mengikuti pemilihan Kepala Desa dan 77 orang calon kepala desa dengan total Daftar Pemilih Tetap (DPT) 17.964.

Rijali menambahkan, setelah ditetapkan calon pemenang terpilih oleh panitia, maka panitia akan melaporkan ke Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Setelah itu ke kecamatan dan di SK kan Bupati. Habis itu digelar pelantikan diproses bulan Desember tahun 2018.

Ketua Panitia Pilkades Jumba, Kecamatan Amuntai Selatan, Abdul Muthalib mengatakan, jumlah DPT di desanya sebanyak 1.838 orang dan yang hadir ke TPS 1351 orang. “Kami mengucapkan terimakasih atas partisipasi masyarakat. Semoga Desa Jumba menjadi maju mandiri sejahtera agamis dan produktif,” pungkas Muthalib.

Sementara H Muhammad Yusuf salah satu pemilih warga desa jumba mengatakan, dalam memilih melihat dari visi misi calon tiap kepala desa tawarkan. “kami berharap kepada siapapun pemilih kepala desa yang terpilih bisa membantu dan bisa mengayomi masyarakat,” ujarnya.

Di sisi lain Kapolsek Amuntai Selatan Ipda Herry Saputra, dalam mengamankan pemilihan kepala desa ada 3 TPS di wilayah Kecamatan Amuntai Selatan, Desa Jumba, Desa Padang Darat, Desa Teluk Baru. “Kami menurunkan sebanyak 18 personil kepolisian disetiap TPS kami turunkan 4 orang total 12 orang dan untuk sisa nya menjaga standbye di posko,” terang Herry.

Adapun 24 desa yang menggelar pemilihan kades tersebut diantaranya, Desa Pimping, Kamayahan, Panangkalaan Hulu, Panangkalaan dan desa Pakacangan (kec.Amuntai Utara). Desa Datu Kuning, Harus, Pasar Senin dan Desa Kambang Kuning (Kec. Amuntai Tengah) Desa Jumba, Padang darat dan Desa Teluk Baru (Kec. Amuntai Selatan). Desa Sungai Haji, Galagah Hulu, Pematang Benteng, Pematang Benteng Hilir dan Desa Hilir Mesjid (Kec. Sungai Tabukan) Desa Banjang dan Desa Beringin (Kec. Banjang)

Sementara untuk kecamatan Haur Gading, Sungai Pandan, Babirik, Paminggir dan Kecamatan Danau Panggang masing-masing cuma satu desa yang melakukan pemilihan.(dew)

Reporter: Dew
Editor: Chell

Bagikan berita ini!