Satu Korban Tewas, Kapal Penyelamat KM Satya Kencana IX Tiba Malam Ini - Kanal Kalimantan
Connect with us

HEADLINE

Satu Korban Tewas, Kapal Penyelamat KM Satya Kencana IX Tiba Malam Ini

Diterbitkan

pada

Kapal Satya Kencana IX terbakar di laut jawa Foto: istimewa
Prev1 of 2
Use your ← → (arrow) keys to browse

BANJARMASIN, Kapal penumpang KM Satya Kencana IX dari Surabaya tujuan Banjarmasin yang berangkat Jumat (3/8) sore, terbakar di wilayah 54 mil Barat Daya perairan Tanjung Selatan, Sabtu (4/8) pagi. Kapal  mengangkut 250 penumpang tersebut kini sedang dilakukan upaya penyelamatan dengan menerjunkan beberapa kapal menuju lokasi kejadian. Satu orang dinyatakan tewas dalam kejadian tersebut.

Komadan Lanal Banjarmasin, Kolonel Laut (P) Wijayanto menerima informasi dari tim evalusi, membenarkan adanya satu korban jiwa berusia 50 tahun. “Informasinya demikian, masih didalami untuk penyebabnya,” ujar Wijayanto.

Sementara Kapten RB 207 Basarnas Banjarmasin Andi Zainuddin mengatakan, telah menerjunkan beberapa kapal besar untuk menyelamatkan penumpang yang diangkut KM Satya Kencana IX. Kapal yang diterjunkan ke lokasi kejadiaan di antaranya KM Laksamana, KM Niki Sea, KM Kumala dan TB Bina Marine.

“Kapal itu berpenumpang sekitar 250 orang. Saat ini, masih dalam proses evakuasi. Untuk informasi keadaan penumpang, sampai saat ini belum kami dapatkan,” katanya.

Menurut dia, kondisi yang sebenarnya akan didapat begitu kapal-kapal besar yang mengevakuasi penumpang bersandar di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.  Saat ini 20 anggota Basarnas Banjarmasin dikerahkan menuju lokasi KM Satya Lencana IX tenggelam, diketahui berada di radial 204,4° jarak 90 NM dari Dermaga SAR Basirih dengan koordinat 04°43,67′ S – 113°57,81 E.

Komandan Regu Evakuasi Kantor SAR Banjarmasin, Mujiono melalui siaran persnya, mengungkapkan bahwa anggota tim pencarian dan pertolongan tengah melakukan tindakan di lapangan. “Saat ini, KM Niki Sea tengah mengevakuasi para penumpang di lokasi kejadian,” tutur Mujiono.

Penumpang kapal yang selamat untuk mendapat perawatan lebih lanjut. Nantinya akan diarahkan di terminal (pelabuhan) untuk periksa kesehatan dulu. Kemudian apabila berlanjut ke Rumah Sakit TPT, Rumah Sakit Ulin Banjarmasin, dan Rumah Sakit Suaka Insani Banjarmasin.

“Rencana KM NIKI SEA (Basarnas) akan tiba di Pelabuhan Tri Sakti pada pukul  18.00 Wita, untuk membawa 141 orang. Yang selamat 111, ada korban meninggal menurut informasi 1 orang usia 50 tahun, untul ABK nya berjumlah 29 orang,” katanya. Sedangkan KM Kumala yang membawa penumpang selamat lainnya akan tiba di Pelabuhan Tri Sakti pukul 20.00 Wita dengan membawa 84 orang. Penumpang selamat 66 orang dan ABK 18 orang.

Prev1 of 2
Use your ← → (arrow) keys to browse

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share