Connect with us

Kabupaten Hulu Sungai Utara

Satpol PP dan Damkar Kalsel Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Sat Linmas di HSU

Diterbitkan

pada

Pelatihan peningkatan kapasitas Sat Linmas di HSU. Foto: dew

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI – Puluhan Satuan Perlindungan Masyarakat (Sat Linmas) diberikan pembekalan pelatihan peningkatan kapasitas oleh Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol-PP Damkar) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel)

Hal ini dilakukan guna meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi Bencana, Gangguan ketentraman dan ketertiban di masyarakat.

Kepala Satpol PP dan Damkar Kalsel sekaligus Penjabat (Pj) Sekretaris daerah (Sekda) HSU Zakly Aswan mengatakan, dengan adanya pelatihan ini sebagai bentuk pembekalan keahlian pada Sat Linmas yang ada didesa-desa hingga daerah pelosok.

“Karena Satpol PP Damkar ini terkait masalah keamanan, yang dimana kita juga harus memberikan pembelajaran bagaimana mengatasi penanggulangan bencana salah satunya kebakaran yang sesuai SOP, jadi dengan adanya pelatihan ini jika terjadi musibah dapat langsung ditanggulangi oleh petugas terdekat atau dari desa itu sendiri,” katanya saat menggelar kegiatan di halaman Kantor Satpol PP HSU, Jumat (5/8/2022).



 

Baca juga  : 27 Pelajar Masuk Diklat Paskibraka Kabupaten Banjar

Selain perlunya kesiapsiagaan dalam mengatasi penanggulangan bencana, ia juga menyebut pentingnya pengetahuan dalam memberikan Pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K).

“P3K itu perlu kita ketahui bagaimana tata cara penyelamatan atau pengaplikasiannya, seperti ada orang tenggelam ataupun sakit yang perlu tindakan cepat pada penanganannya,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Damkar HSU Asikin Noor, menyambut positif adanya kegiatan tersebut untuk meningkatkan kapasitas pengamanan khususnya Linmas yang ada di HSU.

“Walaupun tidak keseluruhan yang ikut, dengan adanya pelatihan ini mereka dapat menjadi motivator untuk menyebarluaskan ilmu yang didapat kepada masyarakat, dan semoga kerjasama ini dapat berlanjut dengan model pelatihan yang lain,” ungkapnya.

 

Baca juga  : Diresmikan Perpusnas RI, Tanbu Miliki Perpustakaan Umum Berbasis Inklusi Sosial

Lebih lanjut ia mengharapkan, kedepannya agar para kader Linmas yang ada di desa-desa maupun kecamatan dapat memiliki keterampilan yang memadai dalam pencegahan ataupun penanggulangan.

“Agar nantinya semua kader linmas memiliki keterampilan memadai khususnya keterampilan dasar, seperti pencegahan bencana kebakaran, tanggap dan cepat mengatasi ancaman bencana baik longsor maupun banjir, jadi peran linmas itu tidak hanya kegiatan rutinitas tetapi juga menjadi penggerak utama pada pelaksanaan ketentraman dan ketertiban ditingkat desa atau kecamatan,” pungkasnya. (kanalkalimantan.com/dew)

Reporter : dew
Editor : cell


iklan

Komentar

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->